Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Mengenal 8 Indikator dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Diperbarui: 26 Juni 2024   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

noenky pribadi

Pengembangan anak usia dini Holistik Integratif (PAUD HI) adalah Upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.

Pengembangan anak usia dini Holistik integrative yang berkualitas merupakan salah satu kunci penting Pembangunan sumber daya manusia yang dilakukan sejak usia dini.

Pendidikan anak usia dini atau PAUD adalah suatu Upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan Rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki Pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini atau PAUD diselenggarakan sebelum jenjang Pendidikan dasar.

Pemerintah, melalui kementrian Pendidikan dan kebudayaan, Riset dan Teknologi baru saja merilis tentang 8 Indikator Pengembagan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Adapun 8 indikator yang termasuk dalam Pengembangan anak usia dini Holistik Integratif (PAUD HI) yang juga harus dimasukkan dan dimutakhirkan di dalam aplikasi Dapodik adalah:

1. Kelas Orang tua

Merupakan sebuah Kerjasama yang dilakukan antara orang tua dan satuan PAUD. Kegitan ini meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

a. Kelompok Pertemuan Orang tua (KPO)

b. Keterlibatan Orang tua di kelas/ kelompok

c. Keterlibatan Orang tua di dalam kegiatan bersama seperti rekreasi, outbond, dan lain-lain

d. Hari konsultasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline