Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Berbagi Kiat dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sesuai dengan Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 30 Juni 2024   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi-- Guru sedang memberikan materi pembelajaran di kelas. (KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIH)

Jika kita ingin memiliki siswa-siswi yang berkualitas di sekolah, tentu kita juga harus mempertimbangkan kualitas dari para pengajar dan guru-gurunya yang harus pula memiliki kemampuan yang mumpuni. Karena pendidikan yang berkualitas tentulah harus dimulai dari kualitas dari tenaga pendidiknya.

Ada beragam cara dalam rangka meningkatkan kualitas guru. Mulai dari proses dan teknik rekrutmen guru hingga menelisik latar belakang dari calon guru yang akan bergabung. Yakni melihat jenjang pendidikan seorang guru yang sesuai dengan pendidikan S1 hingga karakter baik yang ditampilkan oleh guru tersebut. Seperti ramah dan bertalenta, sopan dan santun, serta bekerja sama dengan baik dalam team. Karena guru yang berkualitas maka akan lebih menghasilkan siswa yang berkualitas pula.

Selain itu, guru juga harus senantiasa meningkatkan kualitas dan kinerjanya dari waktu ke waktu. Peningkatan kinerja guru juga telah diupayakan secara sistematis oleh pememrintah melalui berbagi Upaya, baik melalui program sertifikasi guru, melakukan pengembangan kurikulum Merdeka, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat Pelajaran, pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana Pendidikan dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam rangka untuk terus menerus meningkatkan kualitas yang lebih professional, diantaranya adalah:

Dokumentasi pribadi Noenky

1. Pengembangan Profesional Berkelanjutan

Semakin baik pemahaman pendidik atau guru, maka tak dapat dipungkiri maka akan semakin baik pula kemampuannya dalam mengajar. Caranya tentu saja tidak hanya dengan melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi namun juga dapat dilakukan dengan meng-upgrading ilmu baru melalui banyak wadah pengayaan diri.

Mengikuti secara aktif pelatihan, seminar, IHT (In House Training), dan workshop secara berkala dan teratur untuk mengeksplorasi metode pengajaran terbaru merupakan contoh untuk melakukan pengembangan professional berkelanjutan. Selain itu banyak membaca literatur terbaru dan berbagi tentang Pendidikan juga dapat memperbaharui pengetahuan. 

Ketika mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan professional berkelanjutan, maka akan ada perubahan-perubahan yang terjadi dalam system dan metode belajar siswa yang akan diterapkan. 

Selain menambah skill dan kemampuan yang belum pernah dilakukan, maka seorang guru juga dapat mengeksplorasi secara lebih untuk berkembang lagi terhadap dunia luar. Kemampuan-kemampuan baru juga akan terus berkembang Ketika selalu mengikuti pelatihan-pelatihan yang bermanfaat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline