Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Merdeka Belajar dan Bermain dengan Loose Parts, Apa Saja Manfaatnya?

Diperbarui: 15 September 2023   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Noenky Pribadi

Tentu kita semua memiliki kesamaan pemahaman bahwa konsep yang ingin dibawa pada kurikulum merdeka adalah merdeka belajar dan merdeka bermain yang merupakan dua hal yang sama. 

Penyelenggaraan merdeka belajar tentu sudah dikuasai oleh setiap pendidik meski dengan batasan yang beragam. Namun apakah sejalan pula dengan merdeka bermain bagi anak usia dini?

Sungguh sangat menyenangkan bagi anak usia dini ketika mereka dapat belajar sekaligus bermain yang akan memperkaya masa keemasan mereka dalam memulai proses pencarian dan eksplorasi ilmu yang ingin dikuasainya di masa yang datang.

Ketika anak-anak usia dini dihadapkan pada media material lepas (loose parts) biasanya pendidik akan memperoleh pengalaman yang luar biasa. Anak-anak yang antusias dan ingin tahu segera mencoba beragam hal yang diperolehnya untuk kemudian menciptakan beragam kreativitas diiringi dengan celotehnya dan cerita seru.

Media material lepas/ loose parts adalah media yang penggunaannya dapat beragam-ragam. Pada media material lepas/ loose parts penggunaan dan memainkannya bisa dengan dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Dengan loose parts, maka anak-anak dapat berkreasi menggunakannya sesuai dengan imajinasi masing-masing anak. Tak heran jika Media material lepas/ loose parts dapat membantu mengekspresikan kreativitas yang tak berbatas bagi anak-anak usia dini.

Contoh-contoh Media material lepas/ loose parts misalnya : kerikil warna-warni, biji-bijian berbagai bentuk, warna dan ukuran, batu-batuan dalam berbagai ukuran dan tekstur, daun-daun, bunga segar dan kering, pasir, ranting, kerang-kerang, dan bahan daur ulang lainnnya.

Ketika memperkenalkan kepada anak-anak usia dini Media material lepas/ loose parts maka akan memberikan mereka kesempatan tak terbatas kepada anak-anak untuk berpikir dan berkreasi. 

Dengan demikian Media material lepas/ loose parts dapat memberikan kemungkinan tak terbatas sesuai dengan imajinasi pada masing-masing anak. Meskipun penggunaannya melalui 'bermain' namun tetap saja akan terjadi banyak pembelajaran ketika anak-anak usia dini terlibat dalam permainan tersebut.

Lalu apa sajakah manfaat dari Media material lepas/ loose parts sejalan dengan konsep merdeka belajar dan merdeka bermain. Berikut adalah 5 manfaatnya yang perlu dibahas sebagai pemahaman kita semua.

1. Peningkatan kreativitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline