Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Meneladani Nilai Pengorbanan Nabi Ibrahim: Hikmah Iedul Adha 1444H

Diperbarui: 29 Juni 2023   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

noenky pribadi

Saat  iitu, Siti Hajar tak habis pikir mengapa suaminya meninggalkannya dan anaknya yang masih kecil di padang pasir tak bertuan. Sebagaimana layaknya seorang perempuan yang cemburu, dia hanya menduga ini akibat kecemburuan Siti Sarah, istri pertama Nabi Ibrahim yang belum bisa memberikan keturunan. Di sisi lain Nabi Ibrahim pun remuk redam hatinya terjepit antara pengabdian dan pembiaran.

Siti Hajar terus memberondong pertanyaan dengan sedih dan nelangsa kepada Nabi Alloh itu dengan pertanyaan 'Mengapa'. Dan ketika Nabi Ibrahim berbalik menatap Ibunda Siti Hajar dan dengan tegas berkata 'ini karena perintah Tuhanku", seketika dunia seolah berhenti mendesah, pertanyaan atau lebih tepatnya gugatan Siti Hajar membuat semua terkesiap. Siti Hajar berhenti berbicara dan terdiam, lantas meluncurlah kata-kata dari bibirnya yang mengagetkan semua Malaikat, butir pasir dan angin 'Jikalau ini perintah Tuhanmu, pergilah, tinggalkan kami di sini. Jangan khawatir, ada ALLOH yang akan menjaga kami' jawabnya lirih.

Peristiwa yang terjadi di padang tandus itu merupakan romantisme keberkahan yang sungguh mulia bagi umat manusia untuk diteladani.

Pada titik inilah kita memahami artinya ikhlas. Ikhlas adalah wujud dari sebuah keyakinan mutlak pada Sang Maha Mutlak.

Ikhlas adalah kepasrahan dan hanya bergantung kepadaNYA, bukan mengalah, apalagi menyerah kalah.

Ikhlas adalah sebuah kekuatan untuk menundukkan kekuatan yang ada pada diri sendiri dan berserah kepada yang maha memiliki dari semua yang dicintai.

Ikhlas adalah memilih jalan NYA, bukan karena terpojok dan tak memiliki pilihan untuk berjalan ke arah lain.

Ikhlas bukan pilihan karena terpaksa, bukan berusaha merasionalisasi pikiran dan tindakan, bukan lari dari kenyataan, bukan mengalkulasi hasil akhir demi prestasi.

Ikhlas tak pernah berhitung dan tak pernah pula menepuk dada.

Inilah hikmah besar dari peringatan Hari Raya Idul Adha. Sebuah sejarah besar bagi umat Islam yang patut diteladani terus menerus sepanjang zaman. Banyak nilai-nilai pengorbanan yang seharusnya umat Islam teladani dan pelajari setiap waktu untuk dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari- hari. Agar kita senantiasa selamat dari sifat-sifat yang tidak terpuji berkaitan dengan pengorbanan yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline