Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Menjadi Petugas Sensus Pada Event REGSOSEK 2022

Diperbarui: 10 Januari 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Meskipun berkutat pada dunia pendidikan, ketika mendapat kesempatan dan tawaran menjadi petugas sensus pada event REGSOSEK 2022, saya mencoba kemampuan saya untuk bisa bergabung dan mengukur tingkat sosial skill yang saya miliki. Merupakan hal yang baru bagi saya untuk bisa melaksanakan tugas ini meskipun saya memahami statistik pada sebagian kecil saja. Ketika memulai pembekalan untuk menjadi petugas sensus memang sudah terasa seperti memasuki dunia baru yang penuh dengan tantangannya. Dan ketika memulai terjun pada kegiatannya semakin banyak hal yang menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya. Diberi fasilitas menginap di hotel bintang 5 saat pembekalan, saya mengumpulkan segala daya dan upaya agar nantinya bisa menjadi petugas REGSOSEK 2022 yang baik yang bisa mendata secara benar, tepat dan cermat. Pengalaman ini rasanya sangat akan saya ingat hingga nantinya. 

Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Harapannya bahwa dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien. Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan. 

Hal yang paling menarik saat saya melakukan pendataan adalah bagaimana cerita kehidupan setiap individu antara satu dengan yang lainnya terasa sangat berbeda. Dan bagaimana saya merasakan sebuah nafas kehidupan yang berlangsung harus senantiasa memiliki sikap-sikap nyata bagaimana melewati kehidupan dengan penuh usaha dan ikhtiar. Tidak semua orang sama dalam pemikiran terhadap apapun. Ada yang ketika ditanya mereka merasa marah, sedih, penuh harap, curhat bahkan ada juga yang menangis. Sungguh pengalaman yang sangat berharga mengetahui kehidupan masyarakat saat melakukan pendataan secara resmi melalui kegiatan REGSOSEK 2022 ini mulai dari tanggal 15 Oktober sampai dengan 15 November 2022. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline