Lihat ke Halaman Asli

Noel Geraldine

Mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Diabetes dan Cara Pencegahannya

Diperbarui: 15 Desember 2021   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Minimed.at

Seringkali masyarakat kurang sadar akan bahaya dari pola hidup tidak sehat seperti suka mengkonsumsi makanan / minuman manis secara berlebih, suka ngemil, tidur tidak teratur, dan sebagainya. Padahal dari kebiasaan seperti ini dapat memicu terjadi berbagai penyakit, salah satunya yaitu diabetes.

Diabetes merupakan sebuah penyakit dengan ciri-cirinya memiliki kadar gula (glukosa) darah yang tinggi. Penyakit diabetes sangat berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi seperti sakit jantung, stroke, gagal ginjal, gangguan penglihatan, dan sebagainya.

Sampai saat ini diabetes banyak menghantui masyarakat Indonesia maupun global. Tidak hanya orang tua, diabetes juga menghantui para kaum muda.

Berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), pada tahun 2021 ini Indonesia merupakan negara urutan kelima dengan masyarakat terbanyak yang terkena diabetes, yaitu sebanyak 19,47 juta jiwa.

Penyakit diabetes ini menjadi masalah yang memprihatinkan karena setiap tahunnya prevalensi diabetes di Indonesia semakin bertambah.

Lantas bagaimana cara untuk mencegah terjadinya diabetes terlebih di usia muda? Yuk simak!

  1. Mengatur pola makan yang sehat

Menjaga pola makan yang sehat merupakan hal yang utama dalam pencegahan terjadinya diabetes. 

Beri batasan terhadap konsumsi makanan / minuman yang memiliki kandungan gula, kalori, dan lemak yang tinggi seperti makanan cepat saji, cokelat, es krim, minuman bersoda, dan lain - lain. Serta perbanyak konsumsi sayur, buah - buahan, kacang, biji - bijian yang banyak mengandung serat dan menjadikan air putih sebagai minuman utama. 

Selain itu, makan di waktu yang teratur juga penting dan dapat membantu pencegahan diabetes, hindari waktu makan tengah malam. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline