Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Biografi Akademisi Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum

Diperbarui: 17 Desember 2023   07:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum. merupakan akademisi yang lahir di Sragen, 13 Oktober 1976. Beliau merupakan akademisi sekaligus dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret. Beliau sangat tekun dalam menganyam pendidikan, berikut riwayat pendidikan yang telah beliau tempuh selama hidupnya.

  • S1 :Sastra UNS, 1999

Bidang Ilmu : Sastra Indonesia/Linguistik

  • S2 :Ilmu Budaya UGM Yogyakarta, 2002

Bidang Ilmu : Linguistik

  • S3 :Ilmu Budaya UGM Yogyakarta, 2009

Bidang Ilmu : Linguistik/Pragmatik

Saat ini beliau mengajar atau memiliki fokus ajar pada bidang linguistik/ Pragmatik di Universitas Sebelas Maret.

Bapak Dr Rohmadi merupakan pegiat dalam bidang kepenulisan, bahkan Beliau mendapatkan julukan sebagai Bapak Ratulisa, sebab dengan giatnya beliau dalam hal literasi dan kepenulisan. Ratulisa sendiri sebenarnya merupakan suatu akronim. "Ratulisa" merupakan akronim dari "Rajin Menulis dan Membaca". Beliau juga menggunakan istilah istana Arfuzh Ratulisa menggambarkan istana yang bertahta buku dan bersinggasana dengan menulis dan membaca.

Selain memiliki julukan Bapak Ratulisa. Berliau juga memili berbagai pengalaman yang luar biasa dalam bidang kepenulisan diantara penulisan jurnal ilmiah, buku, prosiding, dan juga ikut serta dalam kegiatan pengabdian masyarakat.


Bapak Rohmadi, yang akrab disapa dengan sebutan "Bapak Rtulisa," tidak hanya terlibat dalam dunia akademis dengan kegiatan mengajar dan literasi. Ia juga aktif di media sosial, khususnya di platform YouTube. Kontennya selalu berfokus pada bidang keahliannya, seperti pragmatik dan linguistik, namun tak jarang mencakup kegiatan lain seperti seminar dan vlog liburan.

Selain menekuni bidang literasi, Bapak Rohmadi senang memberikan inspirasi dan motivasi kepada rekan guru bahasa yang ia temui. Baginya, menjadi seorang guru adalah profesi yang amat mulia, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Menurutnya, menjadi guru adalah suatu pilihan hidup yang memerlukan komitmen, integritas, serta keseimbangan antara kompetensi hardskill dan sofskill.

Dikenal dengan slogannya "Senyum 2 2 8" (mengacu pada arah senyuman), Bapak Rohmadi menjadi sosok yang disenangi oleh mahasiswa dan anggota civitas academica. Selain itu, jaringan hubungan sosial yang luas membuatnya terpilih sebagai ketua Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI).

Dalam setiap kesempatan, Bapak Rohmadi tidak lupa menyampaikan pesan-pesan inspiratif. Baginya, sebagai manusia, sudah menjadi kewajiban untuk menjadi individu yang memberikan manfaat bagi sesama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline