Perkembangan kognitif merupkan perkembangan yang sangat penting sekali untuk di perhatkan. Karena perkembangan kognitif mempunyai daya hubungan yang sangat kuat dalam beberapa perekembangan laiinnya. Perkembangan kognitfdalam memberika arahan dalam proses nya.
proses tersebut yaitu terdiri dari proses atensi, persepsi dan memori...
sebelummemhas jauh mengenai proses tersebut, alangkah baknya kta mengetahu apa tu yang di maksudperkembangan kognitif pada anak usia dini
Sebagai orang tua maupun pendidik, Apa yang perlu anda ketahui tentang perkembangan kognitif anak usia dini?
Dalam proses perkembangan, anak memiliki beberapa tahapan yang mana tahapan tersebut sangat mempengaruhi terhadap proses perkembangan anak. Perlu di ketahui, ada beberapa hal yang harus di mengerti dan di fahami oleh orang tua maupun pendidik dalam menyikapi persoalan mengenai perkembangan kognitif. Karena perkembangan Kemampuan kognitif dapat di artikan sebagai perkembangan kemampuan anak untuk bisa lebih berfikir yang lebih kompleks serta memberikan penalaran dan pemecahan masalah, kemudian dengan berkembangnya kemampuan kognitif ini akan mempermudah anak menguasai pengetahuan umum yang lebih luas, sehingga anak dapat berfungsi secara wajar dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam proses perkembangannya tidak semua anak dapat berkembang sesuai tahapan yang sudah di tetapkan dalam artian dapat berubah sesuai dengan tingkat kemampauan si anak.[1]
Menurut Webb (1999: 6), "Cognition is the Process of Knowing" yang mengartikan bahwa kognisi adalah proses mengetahui sesuatu. disebut proses karena hal tersebut menyangkut sistem pengelolaan atau pemrosesan informasi melalui beberapa tahap, yaitu tahap indra yang melalui sistem syaraf sensoris yang ada di dalam tubuh manusia sampai pembentukan memori jangka panjang. Proses proses tersebut yaitu "perception, attention, memory,".[2]
Perkembangan Persepsi
Perkembangan perseps telah berkembang sejak awal adanya kehidupan di dunia , dan sekaligus pada awal adanya awal proses pembelajaran dari awal sebelum pra sekolah.kemampuan yang dimilki sswa pada masa tu masih terbatas dan tdak memungkinkan untuk memberi banyak mater. Akan tetapi anak pra sekolah sudah bisa membedakan antara adanya perbedaan dari dua benda yang jelas beda. Denganmelibatkan proses kognitif yang masih sanat kecil.
Dari lamanya menempuh pendidikan di sekolahan memberikan banyak sumber informasi dengan sangat meningkat meskipn demkian, anak yang masih menginjak usia pra sekoalh tidak sehebat anak yang sudah sekolah di atasnya dengan begitu penglihatan mereka akan di buat lebih tajam.
Mereka biasanya memiliki penglihatan jauh. Artinya, mereka dapat melihat objek-objek yang jauh hamper dengan sempurna tetapi mengalami kesukaran memfokuskan pengihatan pada objek-objek yang dekat (Cratty, 1986)
Perkembangan Memori