Lihat ke Halaman Asli

Noval Kurniadi

Speaking makes words, writing makes wor(l)ds

Menggambar Ilustrasi Kawaii ala Kamo-Sensei

Diperbarui: 16 Maret 2017   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senangnya dapat produk-produk Zebra yang kece abis (dokpri)

Mengenal budaya Jepang? Kenapa enggak? Yuk ikutan Japan Discovery!

Februari lalu Japan Foundation mengadakan program bertajuk "Japan Discovery". Dalam program ini, selama seminggu penuh Japan Foundation akan memperkenalkan berbagai kebudayaan Jepang kepada masyarakat Indonesia lewat berbagai kegiatan menarik. Ada upacara teh, ikebana, permainan igo dan bahkan final karaoke.

Nah, dari kesemua agenda Japan Discovery tahun ini, saya tertarik banget buat ikutan workshop menggambar kawaii ala Kamo-sensei. Kamo-sensei adalah ilustrator pulpen asal Jepang yang karyanya udah melanglang buana. Dia juga udah ngeluarin beberapa buku tentang ilustrasi kawaii di Jepang. Gambar-gambarnya kawaii banget. Bisa dicek di akun instagram @illustratorkamo. Workshop kawaii illustration with Kamo-sensei ini diselenggarakan oleh Japan Foundation bekerja sama dengan perusahaan alat tulis asal Jepang Zebra pada Rabu, 22 Februari 2017. 

Kenapa saya pengen ikutan? Simpel aja. Pertama, saya suka gambar. Atau apa nyorat-nyoret ya lebih tepatnya? Hehe. Saya suka anak-anak *anak identik dengan dunia menggambar, kan? Saya juga suka Jepang. Terus saya pikir kapan lagi bisa belajar dari orang Jepangnya langsung? Belum tentu tahun depan bisa. Akhirnya daftarlah saya pada acara workshop ini pada 9 Februari 2017Siapa tau terpilih karena pesertanya terbatas dan diseleksi. Beruntung pendaftarannya gampang banget loh. Cukup kirim e-mail berisikan nama, usia, pekerjaan dan alasan kenapa kita pengen ikut ke e-mail yang tertera, kita sudah bisa mendaftarkan diri.

Namanya rejeki anak soleh emang enggak kemana ya. Sehari setelah deadline pendaftaran (12 Feb), alhamdulillah saya dapat balasan e-mail yang menyatakan kalau saya terpilih jadi salah satu peserta workshop. Duh, saya seneng banget! Enggak pake ba-bi-bu, langsunglah saya konfirmasi kalau gue akan hadir pada 22 Februari. Workshop kawaii, I'm coming!

Setelah enggak sabaran nunggu hari H, akhirnya tibalah hari workshop itu. Acara dimulai pada pukul 13.00-17.30 bertempat di Japan Foundation yang terletak di Gedung Summitmas I. Kata ka Oo, JF itu dekat di halte Bunsen alias Bundaran Senayan. Tadinya sih pengen naik transjakarta, tapi berhubung saya baru mau jalan jam 1 kurang, saya pun memutuskan untuk menggunakan jasa grabbike. Pas sampai di sana ternyata emang benar kalau Summitmas I dekat dengan halte transjakarta Bundaran Senayan. Saya pun baru tahu kalau ternyata ada di seberang FX Sudirman. *norak banget yak*.

Pas sampai di sana, saya sempat khawatir. Saya kira gue doang kali yang paling telat karena gue tiba di JF jam 1 lewat bahkan hampir jam setengah dua. Saya juga mengira acara sudah dimulai. Eh ternyata ada yang lebih telat daripada saya dan acara pun belum dimulai. Baru hampir. Syukurlah. Setelah melakukan registrasi dan menerima name tag yang kawaii abis, saya pun memilih tempat duduk yang terletak di tengah bagian paling belakang. Asyiknya, di tiap meja peserta tersedia produk sponsor yang dapat digunakan untuk membuat ilustrasi kawaii dan bisa dibawa pulang juga. Produk tersebut berupa satu set (isi 10) penciltic merk zebra dan 4 buah pulpen zebra yang keren banget. Tersedia pula modul yang nantinya akan kita gunakan dalam membuat ilustrasi kawaii dan angket yang mesti kita isi.


Enggak lama setelah duduk manis, acara pun dibuka dengan sambutan oleh petinggi dari Japan Foundation. Saya salut karena Bahasa Indonesianya bagus banget. Setelah itu barulah workshop dimulai. Berhubung Kamo-Sensei tidak bisa berbahasa Indonesia dan para peserta juga banyak yang tidak mengerti bahasa Jepang, ada peran penerjemah  yang akan mendampingi dan menerjemahkan apa yang Kamo-Sensei ajarkan selama workshop. 

Saya baru kali ini ikutan workshop menggambar. Satu kata untuk acara ini: KEREN! Di sini saya belajar banyak dari Kamo-sensei tentang kawaii ilustration dari hal paling dasar, mulai dari menggambar binatang, manusia bahkan benda. Susah? Enggak sama sekali! Ternyata mudah! Enggak percaya? Ini dia hasil latihan menggambar kawaii saya.

Lumayan lah ya daripada lumanyun (dokpri)

Yang saya suka, Kamo-sensei telaten banget jelasinnya dan si penerjemah bisa menyampaikan apa yang Kamo-Sensei dengan baik sehingga bikin para peserta bener-bener ngerti. Cocok banget deh jadi ibu dan guru yang baik. Hoho.

Belajar kayaknya enggak lengkap kalau tanpa praktek. Nah, setelah diajarin sama Kamo-Sensei, sekarang saatnya masing-masing peserta membuat kawaii ilustrationnya sendiri. Temanya bebas. Sekreatif kita lah pokoknya. Dimana gambarnya? Di kartu pos yang masih kosong. Oh ya, saya lupa bilang. Selain produk zebra, di meja juga tersedia 3 kartu pos. 2 kartu pos di antaranya kosong sedangkan 1 kartu lagi sudah ada gambar buatan Kamo-sensei. Asik banget kan? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline