Lihat ke Halaman Asli

Tempat Suci dan Catur Marga Yoga dalam Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Diperbarui: 31 Maret 2024   08:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pura besakih/dokpri

Setiap agama yang ada di dunia memiliki yang namanya tempat suci. Tempat suci bagi penganut agama yang bersangkutan merupakan sarana atau salah satu alat upakara untuk mengadakan kontak atau hubungan kehadapan Tuhan yang dipujanya. Tempat Suci Agama Hindu dikenal dengan sebutan Pura, Bali terkenal dengan pulau seribu pura. Pura adalah tempat suci untuk memuja Ida Sang Hyang Widi Wasa dan segala prabhawa-Nya serta atma Siddha Dewata (roh suci leluhur). Sebelum dikenal dengan istilah pura, tempat suci ini dikenal dengan istilah kahyangan atau Hyang.

Catur marga adalah empat jalan atau cara umat Hindu untuk menghormati dan menuju ke jalan Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Catur marga terdiri dari empat bagian yaitu bhakti marga yoga, jnana marga yoga, karma marga yoga dan raja marga yoga. 

  • Bhakti marga yaitu menghubungkan diri kehadapan Tuhan dengan jalan cinta kasih, 
  • karma marga dengan selalu berbuat yang baik, 
  • Rnana marga dengan jalan menuntut ilmu pengetahuan, dan 
  • raja marga dengan jalan melaksanakan ajaran tapa, brata, yoga, semadhi.

Jadi dengan penerapan dan ajaran catur marga diharapkan agar kehidupan umat Hindu dan umat manusia pada umumnya menjadi mantap dalam berke-sraddha-an dan berke-bhakti-an kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat diharmoniskan dengan kehidupan nyata dengan sesama manusia, semua ciptaan Tuhan, dan lingkungan yang damai dan serasi di sekitar kehidupan masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline