Lihat ke Halaman Asli

Nityaswari

english 21

Hubungan Pelaksanaan Yoga dengan Proses Pembuatan Banten

Diperbarui: 19 Desember 2021   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat kompasiana! Di artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana hubungan pelaksanaan yoga dengan proses pembuatan banten. Mungkin sobat kompasiana belum mengetahui apa itu yoga dan apa saja pelaksanaan dari yoga dan di sisi lain juga saya akan menjelaskan bagaimana proses dari pembuatan banten lalu kita kaitkan apakah ada hubungan pelaksanaan yoga dengan proses pembuatan banten. Mari kita mulai penjelasan ini dari yoga yuk!

Sobat kompasiana apakah pernah melakukan kegiatan dari yoga asana? Kegiatan yoga asana ini sudah sangat populer dan sangatlah diminati oleh indonesia khususnya provinsi Bali.Yoga asana sendiri dibagi menjadi dua kata yaitu yoga dan asana. Untuk yoga sendiri berasal dari kata 'yuj' yang dimana memiliki arti penyatuan dan asana memiliki arti yaitu postur tubuh. 

Maka kesimpulannya dari pengertian yoga asana adalah  tingkatan -- tingkatan yoga yang dapat dilakukan melalui postur tubuh. Pendiri dari yoga asana dalam ajaran agama hindu adakah maharsi patanjali, kegiatan yoga sendiri memberikan benefit yang positif kepada manusia baik dari segi mental maupun kesehatan tubuh. 

Nah hal inilah yang menyebabkan kenapa kegiatan yoga asana begitu diminati oleh orang -- orang. Beberapa manfaat yang didapatkan dari kegiatan yoga adalah sebagai berikut :

1. dapat meredakan stress yang dialami
Sudah bukan rahasia umum lagi jika kalau kita melakukan kegiatan yoga asana kita dapat meredakan stress yang kita alami. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena kegiatan yoga dapat mengontrol emosi dan juga dapat memberikan tubuh dan pikiran kita menjadi rileks, maka dari itu jika kita melakukan yoga asana hal ini akan membantu kita untuk meredakan stress yang kita alami dan dapat memberikan pikiran yang lebih tenang untuk dapat mengatasi masalah yang kita alami.

2. dapat meningkatkan dari kualitas tidur
Mungkin sobat kompasiana pernah merasakan maupun sedang merasakan dari penyakit yang sangat menjengkelkan ini yaitu susah tidur, kualitas dari tidur yang kurang baik dan juga kurang tidur. 

Penyakit ini sungguhlah menjengkelkan karena ketika kita sudah merasakan lelah dan ingin beristirahat tetapi mata tidak mendukung bila kita ingin tertidur. 

Nah kini sobat kompasiana dapat melakukan kegiatan yoga asana karena yoga asana dapat membantu kita untuk menaikkan kualitas tidur kita dan juga mampu untuk menanggulangi susah tidur. 

Mungkin sobat kompasiana bingung nih kenapa yoga asana dapat membantu kita untuk mengatasi dari penyakit susah tidur, kurang tidur dan juga kualitas tidur yang buruk itu di karenakan  yoga terbukti mampu menaikkan dari pelepasan hormon melatonin yang mengendalikan siklus tidur kita.

3. menjadikan tubuh lebih kuat, seimbang dan juga fleksibel
Untuk hal ini sudah dibuktikan oleh banyaknya penelitian yang membuktikan bila kita melakukan yoga asana dapat memberikan manfaat dimana badan lebih fleksibilitas, menjadi lebih seimbang, dan dapat memberikan kekuatan tubuh yang lebih jika tidak melakukan yoga. 

Hal ini dipicu oleh gerakan dari yoga asana, Yoga asana sendiri terdapat 11 gerakan dan seluruh gerakan yoga ini memiliki arti masing-masing bagi tubuh. Maka dari itu orang yang biasanya rutin untuk melakukan latihan yoga pada umumnya mempunyai otot tubuh di bagian atas yang lebih kuat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline