Lihat ke Halaman Asli

niti negoro57

Guru Ndeso

Menelisik Adanya Kemenyan dalam Tradisi Ajaran Kejawen

Diperbarui: 5 Januari 2024   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrai Barak Kemenyan (Sumber : tapak.id)

Kejawen, sebagai sebuah sistem kepercayaan dan spiritualitas yang tumbuh subur di tanah Jawa, Indonesia, menampilkan keunikan dalam pendekatannya terhadap aspek spiritual dan ritual. Dalam konteks ini, kemenyan atau "kemuning" bukanlah semata benda beraroma harum, melainkan memiliki kedalaman makna yang mengakar dalam sejarah dan tradisi masyarakat Jawa.

Seiring dengan goyangan daun-daun pohon jati dan sorot matahari yang gemar bermain-main dengan bayangan wayang, kehadiran kemenyan menjelma menjadi satu elemen tak terpisahkan dari perjalanan panjang kepercayaan Kejawen. Maka, marilah kita membuka lembaran sejarah, merenungi jejak kemenyan dalam relung-relung kehidupan spiritual Kejawen yang telah melingkupi generasi demi generasi.

Dalam tulisan kali ini, saya akan menggali lebih dalam, menelusuri akar sejarah kemenyan dalam ajaran Kejawen. Saya akan menyusuri jejaknya dari masa-masa awal hingga peran yang diembannya dalam berbagai praktik ritual dan spiritualitas. 

1. Nilai Spiritual dan Ritual

Kemenyan digunakan dalam berbagai ritual dan ritual Kejawen sebagai simbol keharuman dan penyucian spiritual. Proses smudging dipercaya dapat membersihkan energi negatif, mendorong kehadiran energi positif, serta memudahkan meditasi dan  komunikasi dengan dunia spiritual.

2. Warisan tradisi Hindu dan Budha 

Ajaran masyarakat Jawa berakar kuat pada tradisi Hindu dan Budha yang berkembang di Pulau Jawa sejak zaman dahulu. Penggunaan dupa ditemukan dalam berbagai praktik ritual Hindu dan Budha, dan warisan ini masih hidup dalam adat istiadat Jawa.

3. Pengaruh Islam di Jawa

Bahasa Jawa berakar pada tradisi Hindu dan Budha, namun ajarannya juga dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam. Ketika Islam masuk ke Pulau Jawa, unsur-unsur Jawa, termasuk penggunaan dupa, disesuaikan dengan nilai-nilai Islam. Dupa masih dilestarikan dan dimasukkan ke dalam konteks Islam Jawa.

4. Hubungan alam dengan keharmonisan manusia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline