Lihat ke Halaman Asli

Yunita Kristanti Nur Indarsih

TERVERIFIKASI

Gratias - Best Spesific Interest - People Choice Kompasiana Award 2022

5 Ide Tugas Siswa di Masa PSBB

Diperbarui: 2 April 2020   19:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi : Classroomclipart.com

Wah!! sudah gak terasa hampir 3 minggu berjalan masa work from home dan study from home. Selama hampir di minggu ketiga ini, penulis mulai melakukan evaluasi terkait tugas yang relevan untuk siswa selama belajar dari rumah dan yang kurang relevan. 

Pemerintah menghimbau melalui dinas pendidikan terkait kepada para guru dan pengajar untuk lebih menekankan pada aspek psikomotorik, afektif dan kognitif untuk melakukan pembelajaran secara online bagi siswa yang saat ini sedang melakukan belajar dari rumah. 

Hal ini ditujukan untuk menghindari atau lebih tepatnya meminimalisir kebosanan siswa yang berujung pada menurunnya motivasi siswa dalam belajar, apalagi dengan situasi dan kondisi yang darurat seperti saat ini. 

Di sisi lain evaluasi tugas yang diberikan kepada siswa juga harus menitikberatkan pada penerapan praktis di dalam kehidupan siswa sehingga makna merdeka belajar yang sesungguhnya dapat tercapai. Merujuk pada hal - hal tersebut, tugas yang akan diberikan kepada siswa hendaknya memiliki kriteria -kriteria berikut ini :

1. Menarik, tugas dan aktivitas yang fun akan lebih membuat siswa bergairah dalam melakukannya, dan tentu saja makna belajar yang sesungguhnya jadi lebih mudah dicapai serta membuat siswa lebih happy dalam melakukannya alias tidak terpaksa dan tidak hanya karena memburu nilai semata.

2. Kreatif, tugas yang monoton cenderung akan membawa efek bosan pada siswa. Maka perlu memberikan tugas yang penuh kreasi sehingga siswa bisa mengeksplorasi kemampuan dan minatnya dengan maksimal melalui pengalaman inderawinya sendiri.

3. Libatkan teknologi kekinian dalam melaporkan tugas tersebut. Era digitalisasi seperti sekarang ini merupakan daya pikat tersendiri untuk siswa milenial. Berikan tugas yang bisa memadukan sisi akademis, dengan fungsi gadget dan kebutuhan aktualisasi diri siswa.

4. Tugas hendaknya dibuat dalam kerangka pikir #diRumahAja, sehingga PSBB bisa tetap dipatuhi siswa.

Empat kriteria tersebut bisa diterjemahkan dalam tugas yang hendak diberikan kepada siswa. Ada 5 ide tugas yang sudah pernah penulis lakukan dalam memberi aktivitas pada siswa sebagai pengalaman dalam masa situasi saat ini, 5 ide tersebut bisa menjadi referensi, diantaranya :

1. Mengembangkan 9 kecerdasan jamak ala Howard Garner melalui tugas yang tidak terstruktur, siswa diminta memilih salah satu jenis kecerdasan yang sesuai dengan minat dan kompetensinya lalu hasilnya dipublikasikan via media sosial. 

Contoh : siswa membuat orkestra kelompok yang dilakukan serentak dari rumah masing - masing siswa melalui aplikasi video meeting online. Di tugas ini siswa yang memiliki minat di bidang musik lah yang melakukannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline