Lihat ke Halaman Asli

Nita Juniarti

Seorang Perempuan

Semarak Ramadan di TBM Sigupai Mambaco

Diperbarui: 13 Juni 2020   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari terakhir Buka Sigupai Mambaco selama Ramadan

Pandemi melanda, banyak hal yang tertunda. Bencana non alam ini cukup menyita aktivitas. Namun, sebagai penggiat rumah baca, tentu tak boleh menyerah oleh keadaan ini. Beberapa kegitan masih berjalan, meski ada pembatasan. Berikut ringkasan kegiatan selama Ramadan di Sigupai Mambaco :

1. Pelatihan ecobrick

Pengelolaan sampah plastik saat ini ditemukan dengan membuat ecobrick. "Eco" dan "brick" artinya bata ramah lingkungan. Disebut "bata" karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan.  

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological yaitu benda yang tidak bisa terurai. Untuk yang hobi jajan tentu harus berfikir di mana sampah-sampah itu berakhir.

Alhamdulillah pada tanggal 10/5/2020 #Sigupaimambaco mengadakan kelas belajar membuat ecobrick dengan beberapa pengunjung yang rajin ke Sigupai Mambaco.Barakallah, semoga semakin istiqamah dalam pengelolaan sampah pribadi ya. Yuk tanggung jawab terhadap sampah pribadi kita

2. Bercerita kembali
Kegiatan ini masih sama seperti tahun sebelumnya, anak-anak membaca lalu bercerita kembali hasil bacaannya.

3. Sosialisasi Cuci tangan pakai sabun

Kegiatan Pandemi ini menyita banyak hal dan harus memulai hidup baru salah satunya adalah Cuci Tangan Pakai sabun. Sigupai mambaco ikut andil dalam sosialisasinya kepada pengunjung.

4. Hafalan surat pendek ramadan

Ramadan ini, #Sigupaimambaco mencoba untuk membuka lomba hafalan juz 30 atas permintaan anak-anak dan orangtua, katanya agar bukan sekedar membaca buku pengetahuan umum dan dongeng. Alhamdulillah, kegiatan yang akan berakhir 17 Mei mendatang ini diikuti oleh 15 orang anak seputaran Kemungkiman Rawa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline