Lihat ke Halaman Asli

Nita Juniarti

Seorang Perempuan

Hitsnya Cuci Tangan Saat Pandemi Convid-19

Diperbarui: 26 April 2020   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa MI Nurul Huda cuci tangan sebelum Convid-19 mereka sudah terbiasa karena program di sekolah

Pandemi Convid 19 telah membuat beberapa program menjadi sukses tanpa paksaan. Setidaknya banyak orang di Dunia sudah mencuci tangan. Padahal, ribuan tahun lalu Rasullullah SAW, telah mengajarkan cuci tangan saat akan shalat atau dikenal dengan wudhu. 

Hal ini merujuk juga pada hadist Rasulullah SAW, "Barangsiapa tertidur dan di tangannya terdapat lemak (kotoran bekas makanan) dan dia belum mencucinya lalu dia tertimpa oleh sesuatu, maka janganlah dia mencela melainkan dirinya sendiri." (HR. Abu Daud)

Dalam hadits lain, Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "...dan jika seseorang dari kalian bangun dari tidurnya maka hendaklah mencuci kedua (telapak) tangannya sebelum memasukkannya ke dalam bejana tiga kali, maka sesungguh-nya seseorang dari kalian tidak mengetahui ke mana tangannya bermalam." (HR. Bukhari).

Kuman tentu ada disekeliling kita tanpa kita sadari sering menempel pada tangan kita. Karena banyak sekali aktifitas yang kita lakukan sehari-hari menggunakan tangan. Oleh karenanya dengan sering berwudhu berarti otomatis kita selalu mencuci tangan kita dan menjaga kita dari serangan kuman yang berbahaya bagi tubuh kita dan kesehatan kita. Secara sempurna ketika wudhu, harusnya mencuci tangan dengan 6 langkah.

Bagaimana caranya?
1. Cuci Telapak tangan
2. Cuci  Punggung Tangan
3. Gosok Sela-sela jari
4. Gosok Buku-buku jari
5. Gosok Jempol Tangan
6. Gosok Pergelangan

Jika diluar wudhu bisa menggunakan sabun dan tentu diair mengalir. Hidup bersih dan sehat ini bukan hanya saat corona melanda loh, selain dicontohkan nabi, cuci tangan juga hits saat terjadi Sars, Colera dan penyakit lainnya. Sebab, tangan sumber penyakit dengan segala aktivitasnya. Ah iya, baiknya cuci tangan selama 20 detik atau sama dengan selesai dinyanyikan lagu selamat ulang tahun satu putaran hehehe.

Semoga bermanfaat. Yuk cuci tangan, yuk hidup sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline