Lihat ke Halaman Asli

Nita Ejul

Freelance Worker

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Diperbarui: 28 Juni 2021   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejarah Komputer Generasi Pertama (unsplash/annie spratt)

Dalam era yang modern seperti sekarang ini pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer, perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa item seperti monitor, cpu, keyboard, mouse dan masih banyak lagi perangkat pendukung lainnya. 

Nah jika kita  sering menggunakan komputer dalam aktifitas kita sehari-hari, namun  sudah tahu belum sejarah dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi hinggga secanggih ini? Jika belum mari kita simak sejarah komputer dibawah ini. 

Komputer 

Merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan aturan yang sudah ditentukan. Komputer juga memeilki sebuah definisi sebagai perangkat elektronik yang memilki bebrapa komponen yang dapat bekerja sama sehingga membentuk satu sistem dan dapat menjalankan berbagai program. 

Dalam bahasa inggris komputer disebut to compute atau menghitung. Menurut William M. Fuori, komputer adalah alat untuk memproses data yang juga bisa melakukan perhitungan secara cepat. 

Baca juga : Sejarah Komputer Sejak Awal Kemunculan dan Perkembangannya

Fungsi komputer

Sebenarnya fungsi komputer itu sendiri adalah menerima input, memproses input, menyimpan input dan menyajikan output

Input merupakan salah satu fungsi komputer yang berguna untuk menerima data maupun informasi dari luar. Process merupakan fungsi yang berguna untuk memproses data-data yang masuk dan akan tersimpan ke memori internal.  

Output adalah untuk menampilkan data yang sudah dimasukkan dan bisadilihat hasilnya baik dalam bentuk print out ataupun dapat dilihat di layar monitor saja. 

Adakah yang tahu siapa penemu komputer pertama kali? Ia adalah bapaknya komputer yaitu Charles Babbage salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline