Lihat ke Halaman Asli

Nita Ejul

Freelance Worker

Bukan Jerami Biasa

Diperbarui: 20 Agustus 2017   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lahan sawah neng Mbanjarnegara jebul amba (Lahan sawah di Banjarnegara ternyata luas). Begitupun perolehan hasil panen petani di banjarnegara juga cukup banyak. Bicara soal hasil panen tentu ada sisa-sisa dari perolehan panen tersebut. Kita lihat saja setelah para petani memanen padi yang dimiliknya, batang padi kering yang telah di pisahkan dari biji-bijinya  banyak menumpuk di pinggiran bahkan di tengah sawah, namun pasca panen  jerami di Banjarnegara tidak hanya di bakar, selama ini jerami tersebut  telah di manfaatkan oleh para petani untuk membuat pupuk dan pakan ternak, ada juga yang memanfaatkan untuk membuat atap rumah atau saung.

Bukan Jerami biasa !  Jerami di jadikan pupuk, pakan ternak dan atap rumah itu  hal biasa. Kalau  sawah di Banjarnegara jeraminya dijadikan instalasi patung, dengan tinggi patung kurang lebih mencapai 3meter ini baru luar biasa.  Nggak percaya ? Datang aja ke acara Festival Jerami Banjarnegara ada patung candi arjuna sama gerobak dawet ayu yang terbuat dari jerami.

Festival jerami akan berlangsung pada 26 Agustus di jalan Pucang Baru Banjarnegara dari pukul 08.00 sampai 24.00 WIB. Bukan sekedar festival, acara ini juga di ramaikan dengan parade budaya dan live music perform, ada tek-tek atau kentongan dari warga Winong.

Dengan di adakanya Festival Jerami ini  Kreator Muda Banjarnegara yang bekerjasama dengan rumah kreatif Indonesia mampu mengubah fungsi jerami dari pembuatan pupuk dan pakan ternak menjadi sebuah maha karya. Di harapkan masyarakat sadar akan lingkungan dan berperilaku baik terhadap lingkungan, pengunjung bisa memahami dan mengaplikasikan ramah lingkungan di sekitar rumah mereka setelah melihat Festival Jerami Banjarnegara.

Gokil, kegiatan menggambar di tengah sawah di ikuti oleh adik-adik TK yang telah di undang dari tim penyelenggara untuk menggambar instalasi patung yang telah di pajang. Tenang, alat untuk menggambar sudah disediakan oleh panitia, adik-adik tinggal bawa meja lipat aja buat menggambar ya.

Buat kalian yang hasil karyanya ingin di pamerkan di Festival Jerami Banjarnegara bisa langsung cek akun instagramnya Festival Jerami Banjarnegara di Instagram  @festival.jerami.

Connecting People To Nature. Salam Lestari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline