Lihat ke Halaman Asli

Kampus Mengajar Angkatan 3 Tingkatkan Literasi dan Numerasi

Diperbarui: 8 November 2022   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

Kampus mengajar merupakan sebuah program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana program tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu semester untuk mencari pengalaman dan mengabdikan dirinya dalam dunia Pendidikan. Khususnya dalam kegiatan belajar mengajar baik itu jenjang SD maupun SMP. Selain itu tujuan dari program ini untuk meningkatkan kemampuan siswa terkait literasi dan numerasi agar tidak terjadinya learning lost di era pandemic covid -- 19.

dokpri

dokpri

Pada program kampus mengajar 3 ini penulis mendapat penugasan di SMPN 24 Bandung Bersama dengan kelima teman satu kelompok. Sebagai kegiatan pengenalan diri dan sebagai analisis permasalahan kami melaksanakan observasi baik itu dari lingkungan sekolah secara fisik, maupun dalam segi pembelajaran siswa, dari hasil observasi dan analisis tersebut juga untuk mewujudkan tujuan kampus mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi kami membuat lima program, pertama program Gerakan Literasi (GELI) program ini mengajak para siswa untuk membaca baik itu sebuah buku cerita, pengetahuan umum maupun berita yang sedang hangat dikala itu setelah membaca siswa diminta untuk membuat mind map dan berbagi hasil bacaannya Bersama teman -- teman satu kelasnya. Program kedua yaitu Pandemi Education (PANDEMICATION) program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa terkait pandemic covid -19 yang sedang menimpa Indonesia agar mereka lebih siap dan dapat melaksanakan kegiatan di era new normal dengan output pembuatan video Bersama dengan perwakilan siswa. Program yang ketiga adalah sukseskan numerasi (SERASI) program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan numerasi siswa, dimana program ini memberikan pelajaran tambahan dengan soal acuan pada soal -- soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).  Program keempat yaitu bersih -- bersih seminggu (BEREGU) program ini bertujuan untuk membiasakan siswa dalam menjaga sekolahnya khususnya dalam segi kebersihan, dimana program ini bekerjasama dengan siswa untuk membersihkan ruang kelas dan sekitarnya setiap seminggu sekali. Program yang kelima yaitu bersih bersih asik (BERISIK) dimana program ini bertujuan untuk menata ulang perpustakaan agar lebih rapi, nyaman bagi siswa dalam menggunakan perpustakaan dan menata ulang beberapa buku disesuaikan dengan kategorinya. Program ke enam yaitu TaLa BerkaLa (Tata kelola berkas sekolah) dimana program ini membantu sekolah khusus nya tata usaha untuk dalam menata berkas sekolah juga membuat sebuah output yang dapat dipajang seperti bagan sekolah, tata tertib sekolah juga ikut serta dalam memperbaharui website sekolah dan menginput beberapa berkas ke dalam website. Dan program yang terakhir ialah Fun Learning Together program ini bertujuan untuk membantu siswa - siswa yang tertinggal dalam pembelajaran di sekolah selama pandemic baik itu dalam segi numerasi maupun literasi  juga untuk meningkatkan prestasi siswa tersebut, dimana mahasiswa berperan sebagai tutor dalam sebuah kelompok belajar beranggotakan 1-4 siswa yang dilaksanakan 2 kali dalam seminggu secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

dokpri

Selain itu juga sebagai kenang -- kenangan kami memperbaharui mading yang diharapkan nantinya dapat digunakan sebaik mungkin oleh siswa khususnya organisasi siswa yang bertugas sebagai agen literasi untuk memperbaharui setiap informasinya pada majalah dinding agar siswa lainnya mendapatkan sebuah pengetahuan baru setiap kali membaca madding tersebut.

Di akhir penugasan kami membuat sebuah video after movie yang berisikan kesan dan pesan beberapa guru, siswa dan mahasiswa selama program ini berjalan. Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh semua pihak khususnya mahasiswa seperti melatih kepercayaan diri, kreativitas, problem solving, kemampuan mengatur waktu dan pengalaman lainnya yang tidak didapatkan selama kegiatan pembelajaran di kampus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline