Lihat ke Halaman Asli

Benarkah tidak ada Akuntansi dalam Al Qur’an?

Diperbarui: 14 Juni 2016   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bismillahirrahmanirrahim

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, bahkan kompasianers sendiri pun sudah ada yang mampu menjawab pertanyaan di atas. Salah satu kompasianers sebelumnya yang sudah membahas bahasan ini yaitu ada Indra Sastrawat dengan judul “Mukjizat Akuntansi dalam Quran” serta Andri Kurniawan dengan judul “Sejarah Akuntansi dari Prospek Islam”. Namun saya ingin menceritakan sebuah pengalaman yang akhirnya membuat saya memikirkan “Benarkah tidak ada Akuntansi dalam Al Qur’an”.

***

Di dalam sebuah ruangan kelas, sedang berlangsung Kegiatan Belajar Mengajar atau yang sering disebut KBM. Seorang guru tengah menjelaskan sebuah materi kepada murid-muridnya. Kali itu, saya duduk sebagai salah seorang siswa. Ditengah-tengah penjelasan sang guru, saya mendengar salah satu pernyataanya yang menurut saya cukup keliru dan sedikit ambigu. Beliau mengatakan

“Di dalam Al Qur’an itu ngga ada yang namanya akuntansi”

 Saya yang mendengar pernyataan guru saya itu, merasa tidak setuju. Karena menurut apa yang saya tahu dari pemateri di sebuah kajian ilmu menjelaskan bahwa Islam itu syumul. Syumul itu artinya menyeluruh. Artinya, Islam itu menyeluruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk ke bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan bidang-bidang kehidupan lainnya. Karena pedoman dari agama Islam itu adalah Al Qur’an dan As-Sunnah, maka sudah pasti bidang-bidang yang ada dalam Islam dibahas dalam pedoman-pedoman utama agama Islam. Mungkin konteks kata ‘Akuntansi’ memang tidak disebutkan secara langsung. Tapi saya yakin bahwa konsep Akuntansi pasti terdapat dalam Al Qur’an.

                Tetapi karena ilmu saya yang pas-pasan dan saya tidak berani menyanggah pernyataan guru saya, akhirnya saya memilih diam.

***

Dari pengalaman ini kita menjadi tahu, tidak semua orang meyakini bahwa Islam itu menyeluruh ke berbagai aspek kehidupan lainnya. Bahkan bisa jadi orang Islam sendiri meyakini bahwa Islam dan bidang-bidang kehidupan lainnya itu tidak saling berhubungan. Jikalau saya memiliki kesempatan untuk berargumen dengan guru saya ini, saya ingin menceritakan bahwa di dalam Al Qur’an terdapat konsep-konsep Akuntansi Dasar. Selain itu jika kita (minimal yang beridentitas Muslim) mau menengok sejarah Islam, ternyata praktik akuntansi sudah ada sejak jaman kekhalifahan Islam.

Karenanya mari kita tengok Akuntansi dalam Al Qur’an serta dalam Islam, sejak kapan dan seperti apa praktiknya, agar kita tidak hanya bangga dengan ilmu yang katanya berasal dari barat padahal beratus-tahun sebelumnya sudah ada di timur.

#Konsep Akuntansi dalam Al Qur’an#

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline