Lihat ke Halaman Asli

Nisrina Fadillah Putri

Saya adalah mahasiswi semester akhir Undip yang suka menonton anime

Bangkitkan Literasi! Kkn Tim 1 Undip Lakukan Edukasi Pelestarian Bahan Pustaka Perpustakaan Sdn 1 Bayemharjo

Diperbarui: 9 Februari 2023   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bayemharjo, Wonogiri (06/02/2023) - Literasi merupakan proses pembelajaran dalam memahami kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Pemahaman ini meliputi konsep-konsep seperti huruf, kata, frasa, dan kalimat, serta kemampuan untuk membaca teks dan memahami informasi yang terkandung di dalamnya. Tujuannya adalah untuk membantu individu memahami informasi dan meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, serta membantu mereka menjadi lebih mandiri dan produktif dalam masyarakat. Mendidik anak tentang literasi sangat penting karena membantu mereka menjadi pribadi yang terampil dalam berpikir dan memahami dunia. Literasi juga membantu anak dalam mempersiapkan masa depan mereka dan membuka peluang untuk belajar dan berkembang sepanjang hidup.

Mahasiswa TIM I KKN Undip melakukan kegiatan edukasi mengenai pelestarian bahan pustaka di SD Negeri 01 Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kegiatan ini sekaligus dilakukan sebagai penyerahan simbolik bahan pustaka perpustakaan SD Negeri 01 Bayemharjo kepada Bapak Didik Suharmoko, selaku Kepala SD Negeri 01 Bayemharjo.

Program kerja monodisiplin ini dilakukan dengan edukasi mengenai pentingnya perawatan bahan pustaka agar koleksi tetap terjaga dengan baik. Kegiatan Perawatan dan pelestarian bahan pustaka digunakan sebagai cara untuk memastikan bahwa bahan pustaka tetap tersedia dan dapat digunakan untuk generasi mendatang. Hal ini juga membantu menjaga integritas dan kualitas dari bahan pustaka, seperti buku, surat kabar, dan dokumen digital. Melalui perawatan dan pelestarian yang tepat, bahan pustaka dapat bertahan lebih lama dan tetap dalam kondisi baik. Hal ini juga membantu untuk memastikan bahwa informasi dan pengetahuan yang tersimpan dalam bahan pustaka tetap aktual dan dapat diakses oleh masyarakat.

Kegiatan edukasi ini merupakan program berkelanjutan yang mana tidak hanya dilakukan sekali namun dilakukan melalui serangkaian program edukasi sampai dengan program monitoring sejak 21 Januari - 4 Februari 2023 pukul 09.00-11.30 WIB. Edukasi pelestarian bahan pustaka ini diawali dengan edukasi pemaparan dan tujuan program kerja, merapikan perpustakaan, menyampul buku paket, hingga pengolahan bahan pustaka yang ada di perpustakaan, memberi edukasi bahan pustaka hingga monitoring keberjalanan program edukasi pelestarian bahan pustaka yang ada di SD Negeri 1 Bayemharjo.

Serangkaian kegiatan edukasi ini diberikan kepada seluruh warga Sekolah Dasar dan difokuskan pada edukasi preservasi & konservasi bahan pustaka kepada sang Kepala Sekolah Bapak Didik Suharmoko.

Edukasi pelestarian bahan pustaka ini terlaksana dengan lancar dan efektif karena berhasilnya bantuan dan kerjasama dari seluruh tim KKN di Kelurahan Bayemharjo serta dukungan yang tak henti diberikan dari Kepala SD Negeri 1 Bayemharjo dan juga Kepala Kelurahan Bayemharjo. Harapan dari kegiatan edukasi pelestarian bahan pustaka ini agar dapat meminimalisir terjadinya kerusakan bahan pustaka & arsip serta terus memelihara dan memperhatikan kebutuhan bahan pustaka berbagai arsip yang ada di dalam perpustakaan SD Negeri 1 Bayemharjo.

Penulis : Nisrina Fadillah Putri/KKN TIM I UNDIP KELURAHAN BAYEMHARJO

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Dr. Seno Darmanto, S.T., M.T.

Lokasi : Kelurahan Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri 

#KKNtimIperiode2023
#p2kknundip
#lppmundip
#undip

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline