Lihat ke Halaman Asli

Peran Media Sosial Terhadap Komunitas K-Pop dalam Aplikasi Wevers

Diperbarui: 8 Juli 2024   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era digital yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, membuat perkembangan internet juga semakin melaju dengan pesat. salah satunya adalah perkembangan komunikasi, (Nurdin et al., 2006). Perkembangan teknologi menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupan masyarakat modern. Dengan adanya jaringan internet memudahkan masing-masing individu agar dapat saling berhubungan satu sama lain tanpa adanya batasan ruang dan waktu diseluruh penjuru dunia. Medium yang biasanya digunakan masyarakat sebagai penghubung antar individu adalah media sosial, media sosial telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam cara melakukan komunikasi. Media sosial adalah sebuah media berbasis online, para pengguna media sosial memiliki kesempatan untk bisa bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan komunitas online.(Arafiq, 2020) Media sosial memiliki beberapa karakteristik diantaranya adalah:

  • Jangkauan, media sosial memiliki daya jangkau yang cukup luas, mulai dari skala kecil hingga skala global
  • Aksesibilitas: kemudahan akses yang yng dimiliki oleh media sosial memudahkan pengguna mendapatkan informasi dengan biaya yang lebih terjangkau
  • Penggunaan: media sosial lebih mudah digunakan karena tidak memerlukan keterampilan dan pelatihan khusus
  • Aktualitas: media sosial merupakan media yang paling actual, dengan kemampuan penyebaran informasi yang cepat memudahkan pengguna memberikan respon dengan lebih cepat
  • Tetap: media sosial memberikan kemudahan dalam mengedit komentar secara instan atau mudah dengan melakukan proses pengeditan secara langsung.

Selain karakteristik, media sosial juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu: sosial site dimana pengguna dapat menyebarkan informasi, artikel, video dan foto. Selanjutnya akan diberikan respon dengan memberikan like dan juga komen terhadap informasi tersebut. selanjutnya ada sosial networking yang memungkinkan pengguna untuk membuat web ppribadi dan terhubung dengan teman-teman dalam berbagi konten komunikasi contohnya adalah Facebook. Sosial sharing merupakan platform yang memfokuskan diri pada fitur berbagi konten. (Gumilar, 2015)

Dari beberapa jenis media sosial yang sudah dijabarkan memunculkan adanya interaksi sosial yang terjadi karena adanya komunikasi yang terjalin dalam suatu komunitas online. Media sosial memiliki peran penting dalam terbangunnya suatu komunikasi sosial dalam dunia maya. Salah satunya adalah komunitas kpop yang mulai tumbuh karena adanya penyebaran budaya korea yang terjadi sehingga pada saat ini. penyebaran budaya dan konten digital terkait korea selatan telah menjadi fenomena global selama 20 tahun terakhir di asia timur dan asia tenggara. fenomena sensasional ini bahkan telah menyebar ke benua Amerika Utara, Amerika Selatan, beberapa negara Eropa, Afrika Utara, dan seluruh benua Asia, seperti negara-negara Timur Tengah dan Asia Selatan. agenda seperti ini biasa disebut dengan Halyu atau korean wave. yang gerakannya dipelopori oleh musik pop korea (K-pop), drama Korea (K-drama), dan film korea. dengan adanya korean wave ini menyebabkan komunitas kpop semakin meluas, dan memunculkan komunitas penggemar atau yang biasa dipanggil Fandom. Fandom adalah sebutan bagi penggemar yang berkumpul baik secara online maupun offline untuk berbagi minat dan kecintaan terhadap satu topik tertennntu. komunitas ini didominasi oleh para remaja yang menggemari musik serta budaya korea. komunitas kpop tidak hanya sekedar mendengarkan lagu yang dipublish oleh idolanya saja namun mereka juga sangat loyal terhadap idolanya, tidak jarang dari mereka membeli album, berlangganan dan juga membeli pernak-pernik yang berkaitan langsung dengan idolanya.(Wirdah, Winarto and Hambalah, 2023)

Dengan adanya kemajuan teknologi penggemar kpop semakin dimudahkan dengan adanya aplikasi yang memudahkan mereka untuk bertemu dan berinteraksi langsung baik dengan teman yang memiliki kegemaran yang sama atau bahkan interaksi dengan idolanya secara langsung, beberapa platform yang biasa digunakan oleh para penggemar kpop diantaranya adalah, instagram, tweeter, lysn, vlive, wevers. wevers adalah aplikasi seluler yang dibuat oleh perusahan korea selatan. aplikasi ini berspesialisasi dalam memposting konten audio video dan komunikasi artis kepada penggemar. wevers menyediakan berbagai konten gratis maupun konten berlangganan agar dapat terhubung satu sama lain. tidak hanya itu, aplikasi ini juga digunakan untuk mempublikasikan pernyataan resmi oleh agensi mereka. tidak hanya itu wevers juga memiliki fitur lain antara lain:

  • menonton siaran lanagsung
  • menonton tayangan live secara replay sesuai keinginan
  • mendapatkan pengumman resmi dan postingan langsung dari idola pada setiap komunitas
  • filter bahasa yang dapat disesuaikan untuk menyaring unggahan fans dari berbagai negara
  • menulis komentar yang dapat dibaca langsung oleh artis
  • artis dapat membuat secret post dengan kata sandi yang perlu ditebak oleh fans dan terbatas pada 30 komentar saja
  • melihat unggahan dan komentar langsung dari artis
  • filter notifikasi berdasarkan artis dan tanggal yang kamu tetapkan
  • mengatur komunitas artis sesuai yang diinginkan pengguna
  • terkoneksi dengan wevers magazine untuk mendapatkan update seputar idol favorite pengguna.
  • fitur direct massage yang memungkinkan pengguna berlangganan dan berkirim pesn dengan idola

Peran media sosial memang memiliki peran yang penting terhadap bagaimana sebuah komunitas dapat terbentuk, dan pada akhirnya berkembang siring berjalannya waktu, seperti yang terjadi pada komunitas kpop yang dapat berkebang dengan adanya media sosial serta adanya bantuan teknologi komunikasi seperti aplikasi wevers yang mempermudah para penggemar dalam berinteraksi secara langsung dengan idola mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline