Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak

Diperbarui: 6 Juni 2024   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kegiatan ekstrakurikuler memainkan peran penting dalam membentuk karakter disiplin anak. Partisipasi dalam berbagai aktivitas di luar jam pelajaran mengajarkan anak memiliki banyak nilai dan keterampilan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler belajar untuk mengatur waktu mereka dengan baik. Mereka harus bisa memanajemen waktu atau membagi waktu antara kegiatan sekolah, latihan, dan waktu pribadi. Hal ini mengajarkan pentingnya datang tepat waktu dan juga menyelesaikan tugas sesuai jadwal.

Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler belajar untuk menjadi lebih mandiri. Mereka mengelola tugas-tugas mereka sendiri, mempersiapkan peralatan yang diperlukan, dan membuat keputusan terkait aktivitas mereka. Kemandirian ini merupakan bagian penting dari disiplin diri.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan sekolah untuk mendukung partisipasi anak dalam kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat, hal tersebut untuk membantu mereka tumbuh menjadi individu yang disiplin dan berkarakter kuat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline