Lihat ke Halaman Asli

Kewajiban Orang Tua terhadap Anaknya

Diperbarui: 5 Desember 2023   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAK

Anak merupakan titipan yang Allah SWT berikan kepada orang tua. Kehadiran anak di dalam keluarga memberikan sebuah kewajiban bagi kedua orang tuanya. Kewajiban ini harus dilandasi dengan cinta dan kasih sayang. Ketika orang tua dikaruniai anak, maka dia mempunyai kewajiban yang harus dipenuhi yang menjadi hak bagi anak. Diantara kewajiban-kewajiban itu adalah sebagai berikut:

1. Mengumandangkan azan di telinga kanannya dan iqamat di telinga kirinya

Disunnahkan untuk mengazankan anak yang baru lahir pada telinga kanannya dan mengiqamatkan anak tersebut di telinga kirinya, seperti azan dan iqamat pasa salat lima waktu. Rasulullah SAW bersabda.

"Aku telah melihat Rasulullah SAW mengumandangkan azan di telinga Al Hasan bin Ali ketika Fathimah melahirkannya dengan azan shalat."

Mengazankan dan mengiqamatkan anak adalah upaya recalling (megingatkan kembali) atas pengakuannya ketika ia berada di dalam rahim. Hal ini dijelaskan dalam Q.S Al-A'raf (7): 172 dimana mereka bersaksi bahwa Allah adalah Tuhan mereka. Selain itu, mengazankan dan mengiqamatkan anak juga memberikan perlindungan kepada mereka dari pengaruh-pengaruh jahat setan (ummus-shibyan).

2. Menggosok langit-langit mulut bayi

Menggosok langit-langit adalah mengunyah kurma dan menggosok-gosokannya ke langit-langit mulut anak yang baru dilahirkan. Hal ini dilakukan dengan menaruh sebagian kurma yang telah dikunyah di atas jari dan memasukkannya ke dalam mulut anak, kemudian menggerakannya ke kanan dan ke kiri dengan lembut hingga merata. Hikmahnya adalah untuk menguatkan saraf-saraf mulut dan tenggorokan dengan gerakan lidah dan dua tulang rahang bawah dengan jilatan, sehingga anak siap untuk disapih.

Dalam dunia kedokteran, bayi yang baru dilahirkan dibersihkan mulutnya menggunakan sebuah selang yang bertujuan untuk membersihkan mulut bayi dari air yang terbawa dari dalam rahim, sehingga bayi lebih mudah untuk bernapas dan menghirup udara.

3. Menyusui Anak selama 2 tahun

Air susu ibu merupakan makanan pertama bagi bayi dan sangat besar manfaatnya. Para ibu sebaiknya memberikan ASI kepada anaknya selama 2 tahun. Allah SWT berfirman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline