Lihat ke Halaman Asli

Khairunisa Maslichul

TERVERIFIKASI

Profesional

Mitos Menggelikan Seputar Puasa Jadi Kenangan Ramadan

Diperbarui: 12 Mei 2020   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menggosok gigi bisa membatalkan puasa, mitos atau fakta ya? (Sumber gambar: Islampos.com)

Setelah kuliah dan bekerja, saya baru tersadar. Kenangan Ramadan sejak usia SD hingga SMU tak lepas dari mitos-mitos seputar ibadah puasa.

Semasa SD, mitos yang paling saya ingat yaitu "menangis bisa membatalkan puasa." Padahal, selama airmata tidak masuk mulut dan tertelan, puasa tetap sah dan bisa terus dijalankan sampai Maghrib.

Nah, satu waktu pernah saya dan teman bermain ayunan di sekolah TK di samping SD. Saat itu, para murid TK sudah pulang.

Saking bersemangatnya bermain ayunan, kami pun saling bergantian mendorong ayunan. Satu dua kali mendorong ayunan, kami masih berhati-hati saat bermain.

Lama kelamaan, kami tambah bersemangat dan semakin kencang mendorong ayunan. Akibatnya, saya terjatuh dari ayunan dan mendarat di pasir! Wajah saya jelas kotor diselimuti pasir.

Aduh, itu rasanya sakit bukan main. Tambahkan pula rasa malunya itu lho karena jatuh dan ditonton orang yang sedang lalu-lalang. Pinginnya ya nangis.

Namun, karena waktu itu bertepatan pula dengan Ramadan, saya kuatkan diri untuk jangan sampai meneteskan air mata. Kan saya belum paham bahwa menangis tidak sampai membatalkan puasa.

Jadinya, saya tersiksa karena menahan sakit plus air mata setelah jatuh dari ayunan. Seorang ibu guru yang membantu saya berjalan ke ruang guru untuk diberikan obat merah bahkan sampai memuji saya karena tidak cengeng setelah terlempar dari ayunan hehehe..

Mitos lainnya seputar puasa Ramadan yaitu "menggosok gigi juga bisa membatalkan shaum."  Saya juga sempat termakan mitos ini sampai di SMP. Akibatnya, saya sampai sakit gigi, duh!

Mitos ini terpatahkan ketika saya berobat ke dokter gigi tak lama setelah Lebaran. Sang dokter mendapati konsumsi makanan dan minuman manis selama Ramadan memicu sakitnya gigi dan gusi saat tak dibarengi dengan sikat gigi yang rutin setiap hari.

Bu dokter gigi pun menasihati saya untuk tidak perlu cemas dengan tetap menggosok gigi secara teratur setiap kali berpuasa. Kuncinya yaitu menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah sahur serta disarankan untuk menghindari sikat gigi di siang atau tengah hari saat Ramadan karena takut ada air yang (tak) sengaja tertelan saat berkumur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline