Lihat ke Halaman Asli

Khairunisa Maslichul

TERVERIFIKASI

Profesional

Perayaan Keagamaan adalah Benteng di Tengah Cobaan

Diperbarui: 7 Mei 2020   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadan dan Waisak di tengah pandemi global saat ini harus membuat iman kita terus menebal (Ilustrasi: indonews.id)


Peringatan Waisak yang dirayakan umat Budha tahun ini bertepatan dengan pertengahan Ramadan bagi kaum muslim.  Hadirnya COVID-19 membuat perayaan Waisak hanya dilakukan di rumah.

Adanya pandemi sejak Maret 2020 lalu di Indonesia berdampak pada terbatasnya kegiatan keagamaan di luar rumah.  Sama halnya seperti bekerja dan bersekolah, beribadah pun terpaksa hanya di rumah.

Keterbatasan lokasi ibadah ini jelas tak mudah untuk dijalani pada mulanya. Ramadan yang identik dengan maraknya kegiatan di masjid kini harus ditiadakan selama pandemi masih terjadi.

Perayaan Waisak 2564 BE di tahun ini juga tak bisa dilakukan di sejumlah candi dan wihara seperti biasanya. Candi Borobudur dan Mendut tahun ini terpaksa dikosongkan untuk puncak perayaan Waisak secara nasional di Indonesia.

Sekretaris Wihara Mendut Wahyu Utomo di Magelang, Rabu, 6 Mei 2020 menyampaikan perayaan Waisak 2564 BE/2020 berbeda dengan Waisak tahun-tahun lalu. Kerumunan orang banyak dalam satu waktu harus dihindari selama PSBB, bahkan untuk ibadah sekalipun.

"Biasanya kami di Candi Mendut dan Candi Borobudur ada acara nasional dihadiri ribuan umat, tetapi tahun ini kita mengikuti imbauan dari pemerintah dan juga institusi tertinggi kami yaitu melaksanakan Waisak di rumah," tutur Wahyu seperti dilansir oleh kantor berita nasional, Antara, pada Kamis (7/6/2020). Kaum Budha di Indonesia juga dihimbau untuk tidak merayakan Waisak di wihara terdekat dari tempat tinggal untuk menghindari penumpukan massa.

Sesuai dengan imbauan Ditjen Binmas Buddha, untuk Pujabakti dan Meditasi detik-detik Waisak tahun 2020 dilakukan secara daring/streaming. Kemudian diikuti umat Buddha di rumah masing-masing melalui laman website yang telah disebarkan.

Bagi setiap pemeluk agama, tempat ibadah merupakan lokasi paling ideal untuk merayakan hari-hari besar keagamaan. Selain sarana beribadah kepada Yang Maha Pencipta, rumah ibadah juga menjadi sarana silaturahmi dan komunikasi antara pemeluk agama dan keyakinan yang sama.

Beribadah di lokasi yang suci juga membuat peringatan keagamaan semakin khusyu' dan khidmat.  Tak heran, meskipun jauh lokasinya, bahkan hingga ke luar kota maupun luar negeri, para penganut agama rela mendatanginya.

Perayaan Waisak di Candi Mendut dan Borobudur seiap tahunnya pun tidak hanya dihadiri oleh umat Budha di Jawa.  Pemeluk Budha dari luar Jawa sampai luar Indonesia tak sedikit yang hadir di kedua candi tersebut untuk merayakan Waisak.

Hal serupa dijumpai pada ibadah umroh Ramadan di Tanah Suci Mekah dan Madinah. Kaum muslimin dari seluruh dunia berlomba-lomba mengejar keutamaan pahala berhaji dengan melaksanakan umroh saat Ramadan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline