Apa satu persamaan nyata antara Federal Oil dan Kompasiana? Sama-sama peduli dengan komunitas. Kedua nama besar di bidangnya masing-masing tersebut sama-sama memberikan ruang khusus untuk pertumbuhan dan perkembangan komunitas di Indonesia serta menjadikan komunitas sebagai rekan mereka dalam berkarya.
Ketika pada 17 Agustus 2015 lalu Kompasiana menggelar event Kompasiana Community Gathering untuk pertama kalinya yang bertempat di Ancol Jakarta Utara, maka seminggu setelahnya, 25 Agustus 2015, Federal Oil menggandeng komunitas motor dalam uji ketangguhan pelumas unggulan yang baru diluncurkan oleh sang produsen, PT Federal Karyatama. Maraknya promosi produk maupun jasa yang sekarang mulai lebih berfokus pada konsep user-experience (pengalaman langsung dari pengguna atau pemakai) membuat kehadiran komunitas semakin strategis keberadaannya saat ini.
Rabu, 9 September 2015 dalam press conference dari Federal Oil atau 4 hari pasca kedatangan komunitas motor setelah melakukan uji ketahanan atau ketangguhan, jurnalis warga dan juga blogger dari Kompasiana – lebih dikenal sebagai Kompasianer – turut pula diundang untuk meliput konferensi pers tersebut bersama awak media profesional. Sebanyak 30 orang Kompasianer – 3 srikandi Kompasianer yang terpilih untuk meliput yaitu saya, Dewi Puspasari, dan Riap Windhu – menjadi saksi sejarah penting ketika kolaborasi komunitas dan pihak korporasi ternyata semakin signifikan pengaruhnya untuk kemajuan bersama semua pihak : produsen dan konsumen. Di Kompasiana, komunitas yang memiliki hobi otomotif tergabung dalam Kokomo atau Komunitas Kompasianer Minat Otomotif.
Federal Oil bukan kali pertama ini melakukan uji ketangguhan untuk pelumas yang mereka produksi. Sebelumnya, 4 tahun lalu, Federal Oil telah meluncurkan uji ketangguhan. Hasilnya dapat dibaca pada artikel berikut ini. Pastinya, uji ketangguhan pada tahun 2011 tersebut telah membuktikan produk pelumas motor dari Federal Oil memang termasuk produk nasional yang berkualitas prima.
Lalu, apa bedanya uji ketangguhan pada tahun 2011 dan 2015 yang telah dilakukan Federal Oil? Nah, uji ketangguhan yang disebut sebagai perjalanan “Endurance Journey with Federal Oil’” pada tahun 2015 ini menjadi lebih istimewa karena Federal Oil turut melibatkan komunitas motor dari Motor Plus dalam pelaksanaannya. Menurut Patrick Adhiatmadja selaku Presiden Direktur PT Federal Karyatama saat press conference yang bertempat di pabrik Federal Oil sektor Rawa Bali kawasan industri Pulogadung Jakarta Timur, keterlibatan komunitas motor dalam ekspedisi Endurance Journey bersama Federal Oil bisa dikatakan sebagai “gayung bersambut”.
Federal Oil belum lama ini telah meluncurkan empat pelumas unggulan mereka untuk 2 jenis motor yaitu sport dan matic. Keempat tipe pelumas dengan formula terbaru dari Federal Oil tersebut yaitu (nomor 1 hingga 3 untuk motor matic dan nomor 4 untuk motor sport):
- Oli Federal Matic 30,
- Oli Federal Matic 40,
- Oli Federal Y-Matic, dan
- Oli Federal XX Racing Sport
Sebelum dipasarkan luas ke pengguna motor di Indonesia, pihak Federal Oil tentunya ingin memastikan keempat pelumas tersebut memang berkualitas oke dengan cara mengujinya terlebih dahulu. Patrick menambahkan, “Federal Oil juga ingin membuktikan bahwa produk pelumas kami bukan hanya bagus secara riset dan teori, namun juga dalam aplikasi nyatanya.”
Keinginan Federal Oil tersebut ternyata disambut baik oleh adanya tawaran dari Komunitas Motor Plus untuk langsung mencoba ketahanan keempat pelumas unggulan tersebut di jalanan dengan berbagai medan. Maka, selama 11 hari, mulai 25 Agustus 2015 hingga 5 September 2015, para riders menempuh perjalanan sepanjang 3.514 kilometer dari Aceh hingga Jakarta (Sumatera ke Jawa). Selain Patrick selaku CEO Federal Karyatama sejak 2013, turut pula hadir Bayu Suryawan, GM R & D (General Manager Research & Development) dan Engineering PT Federal Karyatama. Sementara itu, komunitas Motor Plus - Online diwakili oleh Andika Arthawijaya.