Lihat ke Halaman Asli

Nisa Nursiyah

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Penggunaan Aplikasi Bumble Dalam Pemanfaatan Media Baru

Diperbarui: 6 September 2022   02:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://www.freepik.com/

Aplikasi Bumble merupakan salah satu aplikasi kencan dan masuk dalam kategori media baru yang tentunya akan bermanfaat bagi penggunanya.

Mengapa begitu? Yuk simak penjelasannya!

Pengertian Media Baru

Media baru (New media)  merupakan penggambaran dari sebuah konten yang tersedia sesuai permintaan (on demand) melalui internet. 

Konten yang diminta dapat dinikmati pada perangkat apapun dan menyediakan orang untuk dapat berinteraksi dengan konten tersebut secara real-time (Widodo, 2020, h. 13).

Media baru menawarkan sebuah kapasitas untuk memperluas volume informasi yang mungkin nantinya dapat individu kontrol seperti menyeleksi suatu informasi tertentu.

Mc Quail menyatakan bahwa kebanyakan media baru memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang akan interaktif untuk pengumpulan dan pengiriman informasi yang menjadikan implikasinya beragam.

Walaupun banyak pertentangan mengenai media baru dengan media lama, seperti TV, radio, dan media cetak. Media baru ini tidak termasuk program TV (analog), film, majalah, dan buku.

Karena sifat media baru itu mengandung sebuah teknologi yang memungkinkan untuk terjadinya proses generatif digital atau proses interaktif (Widodo, 2020, h. 13).

Karakteristik Media Baru

Berikut enam karakteristik media baru:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline