Lihat ke Halaman Asli

KKN UMSEPATAN

KKN UM Sepatan merupakan program Kuliah Kerja Nyata di bawah naungan LP2M Universitas Negeri Malang yang bertempat di Desa Sepatan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Kkn Universitas Negeri Malang "NGABAR" (Ngaji Bareng) di TPQ Bapak Toha

Diperbarui: 28 Juni 2019   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan program kerja "NGAJI BARENG" di TPQ Bapak Toha, Desa Sepatan, Kabupaten Tulungagung

Tujuan di adakannya program kerja ini untuk menyalurkan ilmu yang dimiliki oleh para peserta KKN UM dan membantu para ustadzah di TPQ yang jumlah gurunya masih kurang.

Mahasiswa UM berkoordinasi dengan Bapak Toha sebelum terjun ke lapangan. Terdapat 97 anak terdiri dari 42 anak perempuan dan 55 anak laki-laki. Kegiatan mengaji ini hanya melibatkan 2 ustadzah sebagai pendamping, sehingga tidak seimbang apabila dilihat dari banyaknya peserta yang datang.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jumat dan Minggu. Adapaun jadwal mengaji yaitu setiap hari Senin dijadwalkan membaca, membaca yang di maksudkan yaitu membaca Iqro maupu Juz' sesuai batas kemampuan anak-anak. Hari Selasa dijadwalkan untuk belajar sholat, anak-anak dengan semestinya menggunakan baju koko dan mukena dengan barisan seperti sholat sungguhan membaca doa-doa solat dengan lantang sehingga saat ada kesalahan dalam membaca ataupun gerakan sholat dapat segera di benarkan oleh para ustadzah.

Sedangkan hari Rabu dan Kamis di jadwalkan untuk membaca Iqro ataupu Juz lagi. Selanjutnya hari Sabtu jadwalnya yaitu Tahaji, mengajari anak-anak menulis aksara arab.

Dokpri

Mahasiswa KKN mendampingi anak-anak dalam belajar mengaji di samping itu membantu ustadzah untuk meringankan tugasnya. Mengaji di TPQ Bapak Toha tidak di pungut biaya atau gratis. Beliau adalah mantan Guru Pendidikan Agana Islam di satu-satunya Sekolah Dasar yang ada di Desa Sepatan.

Dokpri

Kehadiran peserta KKN dalam kegiatan ini untuk berbagi ilmu agama serta berbaur dengan anak-anak sekaligus menarik motivasi anak untuk lebih semangat mengaji. (Sa/ Rg)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline