Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Minat Literasi Siswa Melalui Kreativitas dan Inovasi Literasi di SMP Islam Fatahillah

Diperbarui: 17 Juni 2024   18:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

MENINGKATKAN MINAT LITERASI SISWA MELALUI KREATIVITAS DAN INOVASI LITERASI DI SMP ISLAM FATAHILLAH

Yulianin Anis Pristina

Prodi Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang,Indonesia

 e-mail : Yulianinanis5@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai meningkatan minat belajar siswa melalui kreativitas dan inovasi literasi di smp Islam Fatahillah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang menarik minat belajar siswa melalui kekreativan siswa dan inovasi literasi sebagai bentuk peningkatan minat belajar siswa. Metode Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dengan Kepala Sekolah SMP Islam Fatahillah, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi dilakukan melalui bentuk kreativitas, inovasi, dan literasi. Dampak yang diperoleh yaitu implikasi positif dari peserta didik, mampu memuat siswa lebih kreatif dan semangat dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan melalui hal-hal sebagai berikut: (1) Aktivitas gerak siswa meningkat, peningkatan gerak siswa mencapai 60%, (2) Kerjasama siswa dalam kegiatan literasi meningkat mencapai 48% Dan tingkat minat belajar siswa meningkat mencapai 80%. (3) Analisis minat belajar siswa menunjukan bahwa kategori minat siswa dalam proses literasi cukup tinggi. Dengan demikian literasi melalui metode inovasi dapat meningkatkan minat belajar siswa SMP Islam Fatahillah.

Kata Kunci : Kreatif; Inovatif; Literasi

PENDAHULUAN

Kemajuan saat ini tidak pernah lepas dari dunia pendidikan. Hal ini tentunya karena melalui pendidikan dapat tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengembangkan segala sumber daya yang ada untuk dimanfaatkan kembali dalam kehidupan. Melalui literasi yang menarik dalam program, diharapkan siswa dapat berpatisipasi aktif yang pada akhirnya mereka memiliki pengalaman belajar yang bermakna, menarik dan menyenangkan, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.

Minat berkaitan dengan literasi yang dapat memunculkan perhatian, konsentrasi dan memeperkecil kebosanan belajar terhadap siswa sehingga memperkuat penanaman materi. Minat menarik perhatian yang serta merta. Minat memudahnya terciptanya konsentrasi. Minat memperkuat melekatnya bahan pelajaran dalam ingatan. Minat memperkecil kebosanan belajar dalam diri sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline