Lihat ke Halaman Asli

KKN-M Bermain dan Tetap Menjaga Protokol Kesehatan

Diperbarui: 29 Agustus 2021   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung selama hampir satu setengah tahun sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus perdana pada 2 Maret 2020. Berbagai upaya dalam menekan laju penularan Covid -19 sudah dilakukan Pemerintah Indonesia dari adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain itu pemerintah menerapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah Covid-19, yaitu :
1. Memakai masker
2. Mencuci tangan
3. Menjaga jarak
4. Menghindari kerumunan
5. Mengurangi mobilitas

Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 yaitu kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Bahkan program Kuliah Kerja Nyata atau KKN yang biasanya dilakukan secara berkelompok sekarang dilakukan secara mandiri dan dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal mahasiswa.

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo termasuk kampus yang melaksanakan program KKN Mandiri. KKN Mandiri periode 1 tahun 2020/2021 dilaksanakan mulai tanggal 16 Agustus-30 September 2021. Nisaa Nur Azzahra Mulinasari salah satu mahasiswa Univet yang melaksanakan KKN-M di Banaran RT 1 RW 3 Desa Banaran Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo dengan dipantau Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Tantin Pristyawati S.T, M.T.

Mengingat banyaknya anak-anak di lingkungannya dan sering bermain di luar rumah, Nisaa berinisiatif mengadakan mengadakan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 kepada anak-anak. Salah satu kegiatan yang diberikan yaitu dengan mengedukasi secara langsung bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar WHO  kepada anak-anak di lingkungannya melalui praktik, Selasa (25/8).

Hal ini bertujuan agar anak-anak yang bermain di luar rumah tetap menjaga protokol kesehatan dan bisa mempraktikan pencegahan penyebaran Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline