Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Muhammadiyah Aisyiyah Desa Delas Monitoring Pembuatan Anyaman Bambu dan Rotan

Diperbarui: 23 September 2023   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) Muhammadiyah Aisyiyah tahun 2023, berlokasi di Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan Desa Delas Monitoring Pembuatan Anyaman Bambu dan Rotan, pada Rabu, (16/08/2023) di kediaman rumah Ibu Julia.

Monitoring ini dilatar belakangi dari hasil observasi Mahasiswa KKN Mas tentang adanya hasil UMKM Desa yakni pengrajin bambu dan rotan, yang bisa di kembangkan menjadi anyaman yang memiliki nilai kreatif. Dimana bambu dan rotan ini di jadikan beberapa lapis bagian dibuat menjadi satu demi satu helai yang tipis dan dibentuk sesuai dengan pola.

Ibu Julia mengatakan bahwa anyaman ini memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang memiliki, hal ini karena anyaman bisa di buat menjadi tas, topi, tikar, tampah dan lain sebagainya. Monitoring ini juga memberikan pengalaman yang baik untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dan mengembangkan cara berfikir kritis mahasiswa. Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Ibu Lulu staf Desa Delas, kami berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan untuk bisa monitoring langsung dengan Pengarajin dan  dengan Ibu Julia kami juga mengucapkan terima kasih atas ilmu yang di berikan oleh Mahasiswa KKN MAs tentang cara membuat anyaman dari bambu dan rotan.

dokpri

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Muhammad Riski Pajriansyah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Aisya Maulida Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Alika Larasati  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Fahria Fransisca Pilomulo Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Nasywah Zulfa Mahasiswa Institut Kesehatan Muhammadiyah Palembang, Nisa Fitriyani Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang, Sahabudin Iqbal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Silvia Saputri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Khoirunnisa Azzahra Riefanti Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Muhammad Falatehan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Ibu Iis Juniati Lathiifah, M.Pd Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Julia sebagai Pengrajin, dan Ibu Lulu Staf Desa Delas.

Penulis: Alika Larasati Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline