Lihat ke Halaman Asli

Mengagumkan! Kerupuk "Jalasa" Hasil Inovasi Mahasiswa KKN MAs Desa Delas

Diperbarui: 8 September 2023   08:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Perebusan Jamur Kelapa Sawit

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah Aisyiyah tahun 2023, yang diterjunkan di Desa Delas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan mengembangkan UMKM desa dengan menginovasi produk yang berbahan dasar jamur kelapa sawit. Produk ini dinamakan kerupuk JALASA (Jamur Kelapa Sawit) yang diolah pada Rabu, (04/08/2023) di posko Mahasiswa KKN MAs.

Pengolahan Jamur Kelapa Sawit ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan pertimbangan Mahasiswa KKN MAs akan banyaknya perkebunan kelapa sawit di Desa Delas. Sehingga, jamur kelapa sawit memotivasi mahasiswa untuk berinovasi menjadikan nya sebagai produk makanan ringan untuk mengembangkan UMKM desa.

 Jamur kelapa sawit bisa di olah menjadi kerupuk dan proses pembuatan nya pun relatif mudah untuk dilakukan" kata Riski selaku koordinator desa KKN MAs Desa Delas. Selain itu, jamur kelapa sawit memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya dan umum nya kerupuk merupakan jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai lauk tambahan untuk makan. Program ini mendapat apresiasi dari Ibu Iis Juniati Lathiifah selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Kami selaku Mahasiswa KKN MAs sangat berterimakasih atas apresiasi serta kesempatan yang sudah diberikan untuk bisa melaksanakan program ini.

Input sumber gambar

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Muhammad Riski Pajriansyah sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Aisya Maulida sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Alika Larasati sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Fahria Fransisca Pilomulo sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Nasywah Zulfa sebagai Mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang, Nisa Fitriyani sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang, Sahabudin Iqbal sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Silvia Saputri sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Khoirunnisa Azzahra Riefanti sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Muhammad Falatehan sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Ibu Iis Juniati Lathiifah, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Julia sebagai Pengrajin, dan Ibu Lulu sebagai Staf Pemerintah Desa Delas.

Penulis: Aisya Maulida Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Publisher : Nisa Fitriyani Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Magelang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline