Lihat ke Halaman Asli

Cara Asik Agar Tubuh Tetap Sehat, Bugar dan Netral

Diperbarui: 2 April 2017   00:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kehidupan modern membuat kita hampir selalu dikelilingi dengan zat-zat kimia, namun kita terlalu sibuk menjalani aktifitas sehari-hari sehingga terkesan mengabaikan. Saat menghadapi kesibukan rasanya tak cukup waktu 8 jam untuk bekerja, dan 24 jam dalam sehari pun tak cukup untuk menyelesaikan kegiatan,rasanya masih ingin tambahan waktu untuk sekedar relaksasi,santai hingga olahraga demi menjaga keseimbangan jiwa dan raga.


Meski disela-sela kesibukan,seharusnya kita tak boleh melupakan kesehatan. Menyadari hal itu,  keluarga kami berusaha sebisa-mungkin untuk menjaga kesehatan yang cara pelaksanaannyadi sesuaikan dengan kondisi masing-masing anggota keluarga,dengan begitu kita tetap sehat dan bugar dengan cara yang asik.

Cara Asik tetap sehat dan Bugar

Kesehatan dan kebugaran adalah hal yang utama,untuk memenuhi kebutuhan tersebut berikut cara Asik yang kami lakukan di keluarga kami :

  1. Awali hari dengan sarapan
    Jangan biarkan anggota keluarga kita keluar rumah tanpa sarapan. Untuk menghemat waktu biasanya kami sarapan dengan menu yang persiapan dan pengolahannya cukup singkat, jika sedang terburu-buru kami sempatkan sarapan dengan segelas susu dan sepotong roti, dengan begitu kita tak memakan banyak waktu untuk sarapan

    PhotoGrid_1490903912558.png

  2. Tetap aktif bergerak
    saat sibuk mungkin akan sedikit sulit untuk olahraga,tapi kita bisa menyiasatinya dengan tetap aktif bergerak, misal saat lelah bekerja,kita bisa lakukan peregangan dan olahraga ringan . Saat dirumah manfaatkan pekerjaan rumah sebagai sarana untuk tetap aktif bergerak layaknya sedang berolahraga.
  3. Minum Air putih yang cukupAir sangat diperlukan oleh kesehatan tubuh karena sekir 65% dari tubuh kita terdiri dari cairan.  Air juga diperlukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Proses  detoksifikasi tak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan konsumsi air yang cukup.
  4. Konsumsi makanan sehat
    Jangan biarkan kesibukan menguasai diri kita,sempatkanlah memasak makanan sendiri untuk kesehatan diri yang lebih baik. Kalaupun kita tak sempat memasak, aturlah asupan nutrisi kita supaya tetap seimbang, jangan terjebak oleh junk food. Jangan lupa lengkapi dengan konsumsi buah dan susu
  5. Cukup Istirahat.   Istirahat yang berkualitas adalah yang terpenting,tapi jika tak juga mengantuk, cobalah minum segelas Susu. Susu dapat membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormone melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk.


Cara Asik untuk tetap Netral

Tanpa disadari mungkin kita dengan tidak sengaja telah memasukkan zat yang tidak baik kedalam tubuh kita. contohnya :

  1. Makanan asam dan pedas berlebihan dapat melukai lambung dan mengganggu pencernaan. 
  2. Makanan olahan yang kemungkinan terkontaminasi logam berat
  3. Pemakaian produk kosmetik yang kemungkinan mengandung zat kostik, merkuri atau logam berat berbahaya 
  4. Udara yang terhirup terdapat polusi dari knapot kendaraan bermotor yang mungkin mengandung timbal dan logam berat lainnya yang dipancarkan ke udara
  5. Air dan tanah yang tercemar oleh pestisida, limbah industri, secara tak disadari bisa masuk kedalam tubuh melalui makanan, minuman yang kita konsumsi atau mungkin juga diserap oleh tanaman yang bisa juga dikonsumsi oleh hewan ternak.  

Itu baru sebagian contoh kontaminan lingkungan yang mungkin terserap oleh tubuh melalui aktifitas sehari-hari dan terjadi secara tidak disadari. 

Kondisi diatas belum termasuk bagi Anda yang juga bekerja di Laboratorium dan sehari-hari terbiasa menggunakan pereaksi kimia, seperti pekerjaan saya disuatu laboratorium tekstil yang setiap hari berkecimpung dengan zat warna, larutan asam,basa,pelarut anorganik, dan masih banyak zat kimia lainnya. Menyadari resiko kontaminasi dari zat kimia berbahaya yang mungkin bisa masuk kedalam tubuh, maka dari itu para laboran,analis kimia,operator chemical,operator colour matching dan para pelaksana lainnya yang kontak langsung dengan bahan kimia diwajibkan untuk mengkonsumsi susu untuk netralisasi. Mengkonsumsi susu adalah cara asik untuk menjaga tubuh supaya tetap netral.

Berikut beberapa contoh yang membuktikan bahwa mengkonsumsi Susu adalah cara paling asik untuk tubuh yang tetap netral 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline