Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data. Statistika berkaitan dengan data. Materi Statistika kelas 8 SMP Hasbunallah salah satu sub materinya adalah data tunggal. Data tunggal yang dihitung adalah mean atau rata-rata, median atau nilai tengah, modus atau nilai yang sering muncul atau frekuensi terbanyak. Guru berpikir untuk pelajaran statistika yang sudah jelas rumus yang akan diaplikasikan langsung pada data yang ada dibuku paket yang murid punya itu terlalu abstrak dan kurang bermakna. Oleh karena itu, guru berpikir untuk memberi pengajaran sub materi data tunggal dengan menimbang berat badan satu kelas yang diajar untuk mendapatkan data yang dapat diolah mean, median dan modusnya.
Teknis pembelajaran yaitu guru membawa timbangan badan. Timbangan badan yang dibawa adalah inventaris dari ruang UKS SMP Hasbunallah, guru menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu murid dapat menentukan mean, median dan modus, guru menjelaskan sistem pembelajaran yaitu ketua kelas memanggil teman kelasnya satu persatu untuk menimbang badan dan sekretaris satu persatu menuliskannya di papan tulis. Setelah data terkumpul, murid menghitung mean, median dan modus di buku latihan masing-masing selanjutnya murid mengumpulkan tugas dan guru menilai serta merefleksi pembelajaran bersama.
Rincian kegiatan pembelajaran statistika dapat kegiatan awal, inti dan akhir. Kegiatan awal yaitu guru dan murid saling bersapa salam, guru mengecek kehadiran, ketua kelas melaporkan kehadiran, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru memberikan motivasi pembelajaran yang menyenangkan, guru memberikan stimulus mengenai kaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. menyimak penjelasan tujuan pembelajaran, terlibat dalam motivasi dan stimulus.
Kegiatan Inti adalah murid mengidentifikasi masalah dengan cara menimbang berat badan sendiri dan berat badannya akan ditulis oleh sekretaris kelas, mengumpulkan data dengan cara murid menulis semua data berat badan teman sekelas termasuk berat badannya sendiri, mengolah data dengan cara murid menyelesaikan permasalahan dengan mencari mean, median dan modus data berat badan kelasnya, mengecek kembali dengan cara mengecek kembali hasil kerjaannya, memberikan kesimpulan dengan cara membuat kalimat kesimpulan mean, median dan modus yang sudah didapatkan.
Kegiatan akhir adalah murid mengumpulkan tugas, guru dan murid merefleksi pembelajaran, guru memberi tahu materi berikutnya dan menyuruh murid untuk mempersiapkan pelajaran selanjutnya, murid mempersiapkan diri untuk pelajaran selanjutnya.
Penilaian pada pertemuan ini dinilai penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap dinilai pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan memperhatikan sikap religius, bertanggung jawab dan disiplin. Penilaian pengetahuan dinilai dengan memperhatikan model discovery learning. Pada langkah memberikan stimulus tidak dinilai karena yang memberikan stimulus adalah guru.
Penilaian pengetahuan dan keterampilan dimulai dari mengidentifikasi masalah dengan maju sesuai panggilan dari ketua kelas dan kooperatif dalam proses menimbang berat badan, mengumpulkan data dengan menuliskan berat badan satu kelas dengan lengkap, mengolah data dengan menuliskan cara dan hasil yang didapatkan setelah menghitung mean, median dan modus dengan benar, mengecek kembali dan membuat kesimpulan dengan melihat terdapat kesimpulan dengan jawaban mean, median dan modus yang benar. Point tertinggi setiap langkah model discovery learning adalah 4 dan terendah adalah 1 dan untuk nilainya dengan jumlah skor yang didapatkanx5:0,8. Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 25. Pencapaian memenuhi kriteria kelulusan minimal adalah 65.
Berikut dokmentasi video pembelajaran selama berlangsung :
https://drive.google.com/file/d/1G_5hV6vC50HpN2eSdvqSzGp68BxrfM7l/view?usp=share_link
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H