Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disingkat RPP merupakan rencana guru untuk melakukan pembelajaran dengan maksud untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan pemerintah. Komponen di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran diantaranya adalah tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.
Penilaian pembelajaran terdiri dari penilaian sikap yang dilaksanakan dengan mengamati murid saat proses pembelajaran berlangsung, penilaian pengetahuan dapat dilakukan salah satunya secara tertulis dan penilaian keterampilan dapat dilakukan salah satunya secara uji kinerja.
Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang mana murid memahami konsep, arti dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Model pembelajaran inipun mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada murid. Langkah kerja model discovery learning yaitu memberi stimulasi, identitfikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, verifikasi dan membuat kesimpulan. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, model discovery learning dapat diterapkan pada kegiatan awal dan kegiatan akhir.
Penulis ambil contoh penerapan penilaian pengetahuan mengacu pada model discovery learning pada materi skala. Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan peserta didik berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.
Dalam menentukan penilaian, lampiran yang terdapat pada RPP adalah rubrik penilaian. Rubrik penilaian yang dibuat penulis terdapat 4 kolom diantaranya kolom nomor, aspek penilaian, rubrik penilaian dan skor. Aspek Penilaian terdiri dari langkah kerja model discovery learning selain stimulus yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data dan verifikasi, memberi kesimpulan. Stimulus tidak termasuk penilaian karena stimulus diberikan guru kepada murid. Setiap aspek penilaian terdapat rubrik peniliaian dengan skor 1-4.
Aspek penilaian mengidentifikasi masalah dalam materi skala yaitu skor 4 jika mengukur ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya tepat; skor 3 mengukur ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya hampir tepat; skor 2 mengukur salah satu saja ukuran yang harus diukur; skor 1 tidak mengukur.
Aspek penilaian mengumpulkan data dalam materi skala yaitu skor 4 jika menulis cerita, ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya serta menyertakan satuannya benar; skor 3 menulis cerita, ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya tidak menyertakan satuannya; skor 2 menulis ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya serta menyertakan satuannya benar tetapi tidak menulis cerita; skor 1 menulis ukuran pada gambar dan ukuran sebenarnya tetapi tidak menyertakan satuannya benar dan tidak menulis cerita.
Aspek penilaian mengolah data dan verifikasi yaitu skor 4 jika penyelesaiannya benar; skor 3 jika penyelesaiannya hampir benar; skor 2 jika penyelesaiannya sebagian benar; skor 1 jika penyelesaiannya tidak benar.
Aspek penilaian membuat kesimpulan yaitu skor 4 jika menulis kesimpuan tepat, skor 3 menulis kesimpulan kurng tepat; skor 2 menulis kesimpulan tidak tepat; skor 1 tidak menulis kesimpulan.
Nilai pada aspek pengetahuan model diskcovery learning dengan mengacu pada skor rubrik penilaian tersebut adalah total skor dikali 25 kemudian hasilnya dibagi 4. Nilai maksimum yang akan didapatkan murid adalah 100 dan skor minimum yang akan didapatkan murid adalah 6,25.