Lihat ke Halaman Asli

Ninoy N Karundeng

TERVERIFIKASI

Seorang penulis yang menulis untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

KPSI, Singa, Garuda, Gajah, Macan: Tamsil Binatang dalam Timnas

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Timnas Spanyol dikenal sebagai tim negeri matador. Timnas Thailand dikenal sebagai timnas negeri gajah putih. Timnas Indonesia dikenal sebagai timnas garuda. Timnas Malaysia dikenal sebagai timnas harimau. Singapura identik dengan tim negeri singa - walaupun di Singapura tidak ada singa.

Apa penyebab identifikasi suatu tim sepakbola dengan binatang? Selain negara dengan tim nasionalnya, beberapa klub sepakbola juga mengidentifikasi diri mereka dengan binatang, Maung Bandung. Macan menjadi lambang kejayaan, kekuatan, kejantanan dan ketegaran.

Timnas Spanyol mengidentifikasi diri dengan tim negeri matador, tak lain tak bukan untuk mennggambarkan kedigdayaan dan kekuatan timnas negeri itu. Thailand pun tak kalah, Timnas negara tersebut juga dikenal sebagai Timnas Gajah Putih. Harimau Malaya menggambarkan kekuatan Timnas Malaysia. Demikian pula Singapura. Timnas Prancis dikenal sebagai Tim Ayam Jantan. Timnas Inggris memiliki julukan Tiga Singa.

Di tengah kisruh kehadiran KPSI dalam tubuh PSSI dan sepakbola Indonesia yang terpecah belah, Timnas Garuda - julukan Timnas Indonesia - hadir dengan pemain IPL dan ISL. Demikian pula lahir Timnas KPSI yang berintikan pemain dari liga ISL, tanpa pemain dari IPL. Timnas KPSI ini dipersiapkan untuk Piala Asia, setelah keikutsertaan KPSI ditolak oleh AFF.

Sebagai negara berlambangkan garuda, maka garuda hadir menjadi lambang bagi Timnas Indonesia. Lalu sebagai Timnas KPSI, apakah layak Timnas KPSI diberi julukan Timnas Garuda? Karena kenyataannya Timnas KPSI hadir di jagad persepakbolaan nasional dalam rangka bertanding untuk menandingi Timnas yang legal, Timnas Garuda! Maka kini para pemain Timnas Garuda telah sah membawa nama Indonesia. Timnas KPSI belum mendapatkan tempat sebagai Timnas yang sah secara hukum.

Saya usul saja bagaimana La Nyalla Mattalitti, Tonny Apriliani, Joko Driyono dan kawan-kawan pengurus membentuk Timnas KPSI. Timnas ini bukan berisi para pemain sepakbola yang berlaga di ISL, namun para pengurus KPSI saja. Biarkanlah mereka berjuang dan bermain di Piala Asia 2014 nanti. Biarkanlah mereka menjadi wakil KPSI untuk Piala Asia. Lalu kira-kira julukan binatang untuk Timnas KPSI yang dihuni para pengurus KPSI apa ya? Garuda atau elang sudah menjadi milik Timnas Indonesia. Silakan usulkan julukan Timnas KPSI yang pemainnya La Nyalla Mattalitti dkk! Binatang apakah yang cocok untuk mereka?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline