Lihat ke Halaman Asli

nino indrianto

Dosen IAIN Jember

Meraih Takwa di Bulan Zulhijah

Diperbarui: 24 Juli 2020   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Meraih Taqwa di Bulan Dzulhijjah
Nino Indrianto

Saat ini kita berada pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Ada apa dengan bulan Dzulhijjah? Apa keutamaan bulan dzulhijjah? Serta amal apa saja yang disunahkan untuk dikerjakan pada bulan dzulhijjah?

Bulan Dzulhijjah termasuk bulan haram yaitu bulan yang disucikan Allah SWT yang di dalamnya kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan menjauhi segala bentuk kemaksiatan. Orang Jawa bulan ini dengan bulan "Besar" karena bulan Dzulhijjah memang memiliki kebesaran, keutamaan, keistimewaan dibanding bulan-bulan lainya utamanya pada 10 hari pertama. Adapun keutamaan sepuluh hari pertama Dzulhijah diterangkan dalam hadits Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma berikut,
. . .
"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968)

Dari hadist di tadi menunjukkan kepada kita agar di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini kita memperbanyak amal sholih, amal apa saja yang bisa kita kerjakan karena pahalanya sangat besar bahkan setara dengan pahala mati syahid dalam jihad fisabilillah. Hadist yang lain juga menyebutkan:
: .
"Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid".

Amal berupa membaca tahlil, takbir, dan tahmid ini adalah amalan yang semua orang bisa melakukan. Artinya Rasul ingin menunjukkan bahwa tidak ada alasan untuk tidak bisa beramal di bulan dzulhijjah.

Jika kita mampu beramal lebih dari pada itu tentu lebih baik. Misal dengan memperbanyak sedekah bagi yang memiliki kelebihan rezki atau memperbanyak puasa bagi yang kuat sebagaimana diriwayatkan bahwa:
- -
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah" (HR. Abu Daud no. 2437)

Meskipun di dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Siti Aisyah di kesempatan yang lain Aisyah tidak melihat Rasululah berpuasa karena bisa jadi nabi takut klo nanti memberatkan umatnya.

Kalaupun kita tidak mampu berpuasa 9 hari penuh maka kita bisa mulai berpuasa pada hari ke delapan atau yang biasa disebut dengan puasa pada hari Tarwiyah. Sebagaima dalam sebuah hadist disebutkan.

"Puasa pada hari tarwiyah (8 Dzulhijah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu."
Hadist ini memang dari segi periwayatannya dinilai dhoif (lemah) tetapi untuk fadhilatul amal kita bisa mengamalkannya.

Puasa yang perlu diperhatikan karena sayang sekali jika terlewatkan yaitu puasa pada hari kesembilan, atau disebut hari Arafah. Karena hari Arafah adalah sebaik-baik hari sebagaimana Nabi bersabda.
:
"Diriwayatkan dari huban Rahimahullah dalam dalam shohihnya dari Jabir Radhiyallahu 'anhuma bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda bersaabda: Sebaik-baik hari adalah hari Arofah"

Hari Arofah merupakan hari puncak pelaksaanaan ibadah haji dan pada hari ini pulalah agama Islam disempurnakan dengan diturunkannya surat al-Maidah ayat 3. Adapun keutamaan puasa Arofah adalah sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Qotadah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline