Lihat ke Halaman Asli

Nuskan Syarif

Berkegiatan di masyarakat pedesaan untuk memajukan dan memberikan terobosan ekonomi alternatif melalui berbagai pengembangan dan penelitian.

Berwisata ke Kenegerian Batu Sanggan

Diperbarui: 26 Juni 2019   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kenegerian Batu Songgan/Sanggan merupakan salah satu dari enam kenegerian yang ada di Kekhalifahan Batu Songgan. di Kenegerian Batu Songgan terdapat dua wilayah Administratif desa yaitu Desa Batu Sanggan yang merupakan desa tua dan desa Muara Bio. 

Untuk menuju ke Desa batu Sanggan, kita menggunakan perahu motor atau Pighau dari bahasa lokal. Dari Ibu Kota Pekanbaru kita menuju ke Desa Gema sebagai ibu kota Kecamatan kampar Kiri Hulu sekitar satu jam setengah s/d dua jam, lalu di lanjutkan dengan menggunakan pighau/perahu motor ke Desa sekitar satu jam perjalanan melawan arus.

dokpri

Kenegerian Batu Songgan memiliki luas wilayah adat sekitar 5.836 Ha, dan didalam wialayah adatnya beririsan dengan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling. beririsan dengan jantung SM Bukit Rimbang Bukit Baling, menjadikan kenegerian Batu Songgan seperti berada di Surga yang turun dari Surga, di mana air sungai mengalir jernih berjeram indah dengan perbukitan yang menjulang di kiri kanan sungainya. selain itu adat istiadatnya masih terjaga dengan baik. 

Desa Batu Songgan saat ini mengelola ekowisatanya berbasis adat, setiap tamu yang datang yang mengambil paket perjalanan ekoturism akan di sambut oleh pemuda pemudi pengelola yang akan memakaikan kain samping batik kesetiap tamu perempuan yang datang. Ini menyiratkan bahwa setiap tamu yang datang akan di sambut dengan rasa persaudaraan erat.

dokpri

Di Desa Wisata Batu Sanggan, setiap wisatawan bisa menikmati berbagai rute perjalanan, wisatawan akan diajak bertubbing ria di sungai subayang yang berarus deras dan jernih, diajak menikmati gugusan bukit barisan berselimut kabut dan semburat matahari terbit, melihat desa dari atas ketinggian bukit, berinteraksi dengan masyarakat lokal, tracking ke desa dan hutan adat. bisa berenang sepuasnya di depan camp pokdarwis, bisa mancing bagi penggemar mancing.

dokpri

Selain menikmati alam dan kebudayaan lokal, di Songgan wisatawan akan di suguhkan masakan khas Songgan yang membuat lidah bergetar, ramuan resep yang khas ala desa membuat kita ketagihan dan tambah nasi kembali. Tumih Ayam Lompok merupakan salah satu khas masakan di rantau Subayang, selain itu ponghek ikan selimang juga tidak kalah nikmatnya. 

dokpri

Di Aliran Sungai subayang, ada istilah pasar yang mana penjual bahan kebutuhan dapur dengan menggunakan perahu/pighau, pasar ini ada setiap harinya selain hari Jum'at dan Sabtu. seluruh bahan di bawa di dalam perahu yang diambil dari ibu kota Kecamatan. 

Harga yang di tawarkan juga tidak terlalu jauh berbeda dengan di Ibu Kota Kecamatan kampar Kiri Hulu. dan seluruh kebutuhan dapur ada di jual di pasar perahu ini, mulai dari Cabe, Bawang hingga ikan dan ayam. Ini menjadi sebuah keunikan tersendiri dan menarik perhatian banyak wisatawan dan terkadang wisatawan ikut berbelanja juga,

dokpri

Paket wisata yang di sajikan oleh temen Pokdarwis Batu Bolah ada beberapa pilihan, mulai paket one day, hingga paket 2 hari 2 malam, dan penginapan juga bisa di pilih, ada home stay, ada camp dan camping ground. setiap wisatawan yang mengambil paket wisata akan di guide oleh teman-teman pengelola pokdarwis, mulai penjemputan, tubbing, tracking ke hutan dan desa. 

Adapun pilihan paket wisata ke Songgan adalah sebagai berikut :

1. Paket one day

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline