Lihat ke Halaman Asli

Nining Yustiana

Guru Bahasa Inggris

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Diperbarui: 23 Januari 2023   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Oleh : Nining Yustiana,S.Pd.,MM

Latar Belakang

Menurut Ki Hadjar Dewantara (KHD), Peran Pendidik diibaratkan seorang Petani atau tukang kebun yang tugasnya adalah merawat sesuai kebutuhan dari tanaman-tanamannya itu agar tumbuh dan berbuah dengan baik, tentu saja beda jenis tanaman beda perlakuanya. Artinya bahwa kita seorang pendidik harus bisa melayani segala bentuk kebutuhan metode belajar siswa yang berbeda-beda (berorientasi pada anak). Kita harus bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan ide, berfikir kreatif, mengembangkan bakat/minat siswa (merdeka belajar), tapi kebebasan itu bukan berarti kebebasan mutlak, perlu tuntunan dan arahan dari guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.

Membangun karakter Murid adalah tugas berat guru, salah atu hal yang  dapat dilakukan adalah dengan pembiasaan Budaya Positif, nah untuk memulainya maka harus terlebih dahulu melaksanakan Disiplin Positif. Pemberian Hukuman ataupun penghargaan yang  selama ini dianggap sebagai bentuk pembelajaran disiplin bagi murid, namun tanpa disadari murid hanya akan bertindak disiplin dalam bentuk menghindari hukuman yang kadang mempermalukan dirinya di hadapan umum, setelah itu maka tidak ada tindak lanjut, sedangkan kalua murid selalu mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dilakukan, maka pada salah suatu saat mereka tidak mendapatkan penghargaan mereka akan merasa kecewa dan meninggalkan  kebiasannya itu, karena semua ini didasari pada motivasi ekstrinsik.  

Mungkin pada saat murid mendapatkan hukuman atau penghargaan, yang harus kita lakukan adalah memunculkan motivasi intrinsic untuk setiap murid agar senantiasa melakukan sesuatu secara sadar, muncul dari dalam hati.

Cara yang tepat untuk menanamkan budaya positif disekolah yaitu dengan menerapkan restitusi terhadap murid yang melakukan pelanggaran. Dengan restitusi, murid dapat menyadari kesalahannya dan mencari solusi dari kesalahannya secara mandiri sehingga murid dapat Kembali kepada kelompoknya dengan karakter yang lebih kuat.

Tujuan

Dengan Menyusun keyakinan kelas Bersama murid, diharapkan dapat memberikan kesadaran untuk melaksanakan Keyakinan kelas tersebut sehingga tercipta Disiplin Positif disekolah. Adanya disiplin positif akan membentuk Karakter yang baik dan mewujudkan Merdeka Belajar bagi murid dan membentuk budaya positif

Tolak Ukur

Tolak Ukur dari kegiatan ini yaitu murid memiliki karakter yang baik, murid merasa nyaman di lingkungan sekolah, murid memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi dalam melakukan kebaikan dan murid mampu menerapkan dan menjaga komitmen yang telah disepakati bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline