Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Pertumbuhan Fisikku Berbeda dengan Mereka?

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada masa anak-anak tengah-akhir, biasanya mereka akan menunjukkan penampilan yang baru dan berbeda dari sebelumnya, di mana mereka terlihat lebih ramping dan atletis. Selama setahun atau dua tahun terakhir dari masa anak-anak, terjadi perubahan dalam sikap, nilai, dan perilaku untuk memasuki masa remaja. Perubahan fisik yang terjadi menjelang berakhirnya masa anak-anak ini, menimbulkan keadaan ketidakseimbangan di mana pola kehidupan yang sudah terbiasa menjadi terganggu sampai tercapainya penyesuaian diri terhadap perubahan ini.

Kapan akhir dari masa kanak-kanak sulit untuk diketahui secara tepat dan pasti, karena kematangan seksual yang digunakan sebagai kriteria patokannya. Di mana masa anak-anak dan pubertas timbulnya tidak selalu sama pada setiap anak. Akhir masa kanak-kanak merupakan periode pertumbuhan yang lambat dan relative seragam sampai mulai terjadi perubahan-perubahan pubertas, Biasanya anak laki-laki mengalami masa anak-anak lebih lama dibandingkan anak perempuan. Secara umum anak perempuan masa akhir anak-anak berlangsung antara usia 6 sampai 13 tahun, berarti rentang waktunya sekitar 7 tahun. Sedangkan bagi anak laki-laki berlangsung antara 6 sampai 16 tahun, berarti rentang waktunya sekitar 8 tahun.

Perkembangan fisik di antara mereka, akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Variasi ini mungkin karena perbedaan jenis kelamin, asal etnis, genetika, hormon, gizi, lingkungan, atau mungkin juga karena penyakit yang mereka derita. Anak-anak yang tidak menerima asupan gizi yang memadai atau mungkin memerlukan perhatian khusus secara medis, akan mempunya resiko terhambatnya pertumbuhan mereka atau mengalami keterlambatan pertumbuhan. Seperti contohnya, anak-anak yang tinggal di negara di mana gizi buruk tidak menjadi masalah, cenderung lebih cepat perkembangannya daripada anak-anak yang tinggal di negara di mana malnutrisi merupakan sumber pokok masalah.

Saya punya sedikit pesan kepada para orang tua, khususnya yang memiliki anak-anak pada rentang usia tengah-akhir, bahwa akhir masa anak-anak seharusnya merupakan periode yang bahagia dalam rentang kehidupan mereka, meskipun periode ini bukan masa yang sepenuhnya gembira karena anak oleh para orang tua diharapkan memikul tambahan tanggung jawab di sekolah dan di rumah.

Banyak faktor yang menimbulkan kebahagiaan anak-anak. Beberapa di antaranya juga merupakan faktor yang penting pada masa awal anak-anak, tetapi sekarang faktor-faktor tersebut berbeda pengaruhnya karena minat dan pola kehidupan anak telah berubah dan karena anak ingin lebih banyak meluangkan waktu dengan teman-teman sebayanya. Jadi, wahai para orang tua, perhatikanlah asupan gizi mereka, perhatikan pula apa minat serta bakat yang mereka punya. Bantulah mereka untuk mengembangkan potensi diri yang mereka punya, karena pada masa inilah masa keemasan otak mereka. Biarkanlah mereka mengekplorasikan kretifitas positif mereka bersama teman-temannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline