Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat

Diperbarui: 17 Juni 2023   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua makhluk hidup dimuka bumi ini. Karena kondisi tubuh yang sakit,akan membuat seseorang menjadi tidak produktif dan bisa mendapatkan resiko kematian. Sehat mengacu pada undang-undang nomer 36 tahun 2009 tentang kesehatan, sehat didefinisikan sebagai suatu keadaan sehat baik secara fisik,mental spiritual maupun social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonomis. Pola hidup sehat merupakan hal yang wajib kita lakukan,harus dipastikan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh harus sehat dan bergizi. Dengan memilih dan mengatur pola hidup sehat, tentunya tubuh kita akan merasakan banyak manfaat. Kita hanya perlu memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan mengubahnya supaya lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Menerapkan pola hidup sehat tentu akan membantu terhindar dari resiko penyakit,baik di masa sekarang hingga masa depan. Sebab, pola hidup sehat bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh yang membantu melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.
        Pola hidup sehat juga menjadi hal yang paling penting. Apalagi dengan kemajuan teknologi pangan,produksi makanan olahan pun semakin meningkat. Tidak hanya itu, karena kemudahan teknologi,gaya hidup tidak sehat membuat tubuh rentan terserang berbagai jenis gangguan kesehatan,seperti diabetes,obesitas,penyakit jantung,dan kanker. Agar tidak terserang penyakit kita harus menerapkan makan makanan sehat agar meningkatkan imunitas,jangan terlaku banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau instan. Obesitas adalah kondisi saat lemak menumpuk di dalam tubuh yang banyak akibat kalori yang masuk lebih banyak dibanding yang dibakar (kemkes.go.id, Minggu  11/6)
        Pada kisah Fajri pria obesitas di Tanggerang, berawal kecelakaan motor hingga punya bobot 300kg. Awalnya Fajri bekerja sebagai biro jasa, suatu waktu Fajri jatuh saat mengendarai motor. Setelah itu Fajri mulai sakit-sakitan hingga bobot berat badannya naik drastis. "Kira-kira jatuhnya setahun lalu,pada luka-luka. Habis itu udah nggak bisa aktivitas,katanya ada penyakit dalem" jelas Riwati, Jumat (9/6/2023). Riwati mengatakan bahwa dirinya tak bisa membawa sang anak untuk berobat lantaran terbentur biaya. Untuk kebutuhan sehari-hari saja, Riwati mengaku dibantu oleh masyarakat sekitar,Kini Riwati bersyukur akhirnya sang anak dapat bantuan pengobatan. "alhamdulilah,meskipun pintu rumah sampai di bobok buat angkat dia keluar dari rumah sekarang bisa berobat" ungkapnya. Adapun penyebab Fajri yang kini berusia 27 tahun telah mengalami obesitas sejak usia 11 tahun. Diketahui obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan antara asupan energy yang di dapat dengan energy yang digunakan. Sehingga menyebabkan sulit untuk melakukan aktivitas.
    Agar kita terhindar dari penyakit maka kita harus menjaga kesehatan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan aktif berolahraga rutin,tidak merokok dan mengonsumsi alcohol,cukupi waktu untuk istirahat,jaga kebersihan dan lingkungan sekitarnya,tidak jajan sembarangan dipinggir jalan. Kesadaran masyarakat untuk berolahraga memberikan kontribusi dalam pembangunan individu dan masyarakat yang cerdas,sehat,terampil,tangguh,kompetitif,sejahtera dan bermartabat. Hal tersebut mengandung makna bahwa kedudukan olahraga amat penting dan strategis dalam posisinya,karena memiliki kompetensi yang tinggi dalam memengaruhi sumber daya manusia dan kehidupan masyarakatnya (Farhan,2011:82).  
      Untuk memiliki tubuh yang sehat dan tidak terkena penyakit kita harus menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh kita, dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kesehatan. Manfaat pola hidup sehat yaitu sebagai bentuk dari proses tumbuh dan berkembangnya manusia. Manusia membutuhkan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat hidup lebih lama dengan sehat dan mandiri. Kehidupan yang lebih baik juga nantinya akan didapat jika manusia mampu memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sumber makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi bahan makanan kimia yang dapat merusak organ sampai organ tubuh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline