Lihat ke Halaman Asli

Adiwiyata Tingkat Nasional SMPN 37 Jakarta

Diperbarui: 8 Juni 2024   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Asalamualaikum selamat pagi pembaca yang budiman apa kabar hari ini tentunya kita semua dalam keadaan sehat lahir dan batin. Selain badan yang sehat jiwa yang kuat aktifitas kerja kita pasti akan baik dan menyenangkan. Perkenalkan saya Ibu Nining Priyantini, ST seorang guru di SMP N 37 Jakarta yang letaknya berada di daerah dapur susu tepatnya disamping balai pelatihan kesehatan daerah fatmawati Jakarta Selatan. 

Perlu pembaca ketahui sekolah kami ini sekarang  menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi dan akan maju ke tingkat Nasional. Persiapan yang begitu banyak di lakukan dari mulai penataan lingkungan sekolah, penghijauan di beberapa tempat, penanaman pohon kembali, membuat sumur resapan , memperbaharui sarana dan prasarana umum yang dapat di nikmati untuk warga SMP 37 Jakarta. 

Dan tak lupa juga kami bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti RT, RW, damkar, PPSU, kelurahan , puskesmas , warga sekitar dan masih banyak lagi instansi lain yang terkait dengan adiwiyata. Dalam persiapan Adiwiyata menuju Nasional kerjasama dan kolaborasi dengan beberapa instansi di sekitar SMPN 37 Jakarta itu sangat dibutuhkan. 

Selain dari luar sekitar lingkungan sekolah di dalam lingkungan sekolahpun kita lakukan seperti istilah Sagusapo (  satu guru satu pohon ) jadi setiap guru membawa 1 tanaman untuk mempercantik lingkungan sekolah dan guru tersebut juga bertanggung jawab untuk merawatnya . Ada juga kegiatan konservasi air kebetulan saya adalah ketua Pokja Konservasi air yang di bantu oleh kader pokja yang di pilih dari siswa , kami bekerja sama dengan tim pokja untuk pengecekan penggunaan air, mengecek lubang biofori dan resapan air, kemudian kami juga melakukan pemanfaatan penggunaan sisa air cuci tangan yang bisa dijadikan untuk menyiram tanaman. 

Ada pula pemanfaatan air wudhu untuk membersihkan lantai yang kotor, kemudian pemanfaatan sisa air AC yang digunakan untuk menambahkan air kolam ikan, dan ada juga pemanfaatan tadah air hujan yang bisa digunakan untuk membersihan kamar mandi dan lain sebagainya. Wah persiapan kami semua sudah sangat matang untuk menyambut sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. 

Semoga jerih payah yang telah kami lakukan dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Kami bangga dengan sekolah kami yang asri, rimbun, tenang dan tidak terlau bising karena jauh dari jalan raya utama. Semoga tulisan saya ini dapat menjadi bahan inspirasi bagi siapa saja terutama sekolah- sekolah yang akan maju Adiwiyata . Salam dari saya semoga para pembaca dapat meberikan masukan serta saran supaya tulisan saya bisa lebih baik  lagi akhir kata saya ucapkan wasalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline