LAPORAN AKSI NYATA -- VISI GURU PENGGERAK
Di modul 1.3 ini program guru penggerak mempelajari mengenai visi guru penggerak. Dimana di dalamnya juga membahas mengenai inkuiri apresiatif dan metode BAGJA.
Inkuiri apresiatif adalah metode yang digunakan untuk mengelola perubahan yang positif sehingga perubahan tersebut bisa berdampak secara optimal dalam pembelajaran.
Sedangkan BAGJA adalah akronim dari 5 hal yaitu Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana,dan Atur eksekusi.
Pada bagian B yaitu buat pertanyaan utama, kita akan mendefinisikan tujuan dan menentukan arah potensi/kekuatan kita. Ada bagian A yang pertama yaitu ambil pelajaran, langkah yang kita lakukan adalah menyusun pertanyaan lanjutan untuk lebih mengenal dan mengetahui yang terbaik dari yang telah ada.
Proses selanjutnya adalah bagian G, gali mimpi, di sini kita membayangkan gambaran masa depan dan mengalokasikan kesematan untuk berproses bersama. Selanjutnya adalah bagian J, jabarkan rencana.
Pada tahap ini kita akan mengidentifikasikan tindakan konkret untuk mewujudkan mimpi, langkah apa yang harus dilaksanakan untuk memudahkan keseluruhan pencapaian, mempertahankan perubahan positif, dan menindaklanjuti hal tersebut. Proses yang terakhir adalah A yang kedua yaitu atur eksekusi.
Pada tahap ini hal yang bisa kita lakukan adalah menentuan siapa yang berpran dalam mengambil keputusan, menyelaraskan interaksi dari semua pihak yang terlibat,dan mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas. Dengan metode BAGJA ini kita akan mampu mempertahankan hal-hal positif yang sudah berjalan dan menciptakan perubahan positif yang baru secara optimal.
Rencana yang ingin saya jalankan dengan metode BAGJA ini adalah menguatkan literasi di sekolah saya melalui majalah dinding. Berikut rancangan BAGJA yang ingin saya laksanakan:
a) Buat pertanyaan utama