Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Inovatif Berbasis STEAM di TK Tunas Ngasirah

Diperbarui: 4 November 2021   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Apa itu STEAM?

STEAM adalah Sains, Teknologi, Engineering, Arth, dan Mathematic. Pembelajaran STEAM mampu mendukung 4 ketrampilan dasar berpikir kritis (critical thingking), berkreativitas (creativity), berkomunikasi (communicatiaon), dan berkolaborasi (collaboration).

STEAM di TK Tunas Ngasirah sudah di terapkan dalam kegiatan pembelajaran. Melalui STEAM anak belajar berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan untuk menyimpulkan.

National Reseaarch Council (NRC) milik Amerika Serikat telah merumuskan tujuan pengajaran STEAM yang efektif untuk menumbuhkan “keingintahuan,ketrampilan kognitif penalaran berdasarkan bukti,dan pemahaman dan apresiasi dari proses penyelidikan ilmiah” (Sahih,2015).

Untuk merancang kegiatan pembelajaran di TK Tunas Ngasirah guru merancang sebaik mungkin dengan cara yang menyenangkan. Menyediakan alat, bahan, media yang menarik sehingga pembelajaran bervariasai dan tidak selalu monoton. Memberikan kesempatan anak untuk memilih kegiatan yang di minati terlebih dahulu akan menyalurkan ide kreatifnya . Merespon apa yang dilakukan dan memberikan penguatan, tantangan dan semangat anak untuk melakukan kegiatan main serta memberi pujian atas apa yang anak lakukan sesuai hasil karya anak sendiri. Memberikan kesempatan anak untuk bereksperimen sesuai imajinasinya melalui kegiatan bermain yang menyenangkan.

Dengan begitu anak mampu belajar dengan media yang nyata dan menyenangkan. Kegiatan bervariatif ,tidak selalu monoton dan menumbuhkan kreativitas anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline