Lihat ke Halaman Asli

Ninin Rahayu Sari

https://nininmenulis.com

Nyaman di Pojok Kerja

Diperbarui: 25 Mei 2024   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Home Office Solution

Ingin memiliki area kerja di rumah tapi ruangan terbatas? Coba memaksimalkan area pojokan yang  kosong menjadi pojok kerja yang nyaman. Kita tinggal melayout kembali area pojokan dengan furnitur pelengkap kerja. Dan pojok kerja yang nyaman pun menjadi milik kita.

Saat mulai work for home seketika tersadar kalau kita membutuhkan ruang yang nyaman untuk bekerja. Ruang yang dapat membuat kita berkonsentrasi penuh dengan pekerjaan, sekaligus melakukan aktivitas online seperti meeting dan telewicara. Dan bila kita memiliki pojok ruangan yang masih belum tersentuh dan biasanya hanya digunakan untuk menumpuk barang yang sudah tidak terpakai, coba jadikan area kerja yang eksklusif.

Sebelum menata, pastikan ruang kerja yang dimaksud cocok digunakan untuk work from home. Misalnya jika kita menggunakan area pojok ruang tamu, pastikan memiliki alur sirkulasi sederhana terbentuk tanpa mengganggu aktivitas utama di ruangan tersebut.

Untuk kenyamanan ketinggian plafon ruangan yang area pojoknya digunakan sebagai area kerja memiliki ketinggian 3,5-4 meter. Pojok kerja yang akan dirancang berada di ruangan yang memiliki dominasi warna netral dan tidak terlalu tua, seperti warna ivory maupun salem. Warna yang terang dan terlalu silau dapat mempengaruhi konsentrasi bekerja kita nantinya.

Untuk menambah kenyamanan, kita cukup menambahkan meja dan kursi kerja. Pastikan meja dan kursi yang akan kita gunakan mendukung postur tubuh yang sehat. Gunakan kursi yang ergonomis dan sesuaikan tinggi meja agar sejajar dengan siku.

Jika memungkinkan dan masih memiliki ruang tersisa dapat ditambahkan rak atau ambalan untuk menyimpan buku dan arsip kerja. Rak dan ambalan tersebut dapat difungsikan juga sebagai perpustakaan pribadi. Susun semua semuanya secara teratur dan terorganisir dengan cara menempatkan barang-barang yang sering digunakan dalam jangkauan tangan untuk meningkatkan efisiensi.

Foto: Home Office Solution

Karena memiliki ukuran yang terbatas, usahakan pojok kerja yang kita miliki selalu bersih dan rapi. Sediakan wadah-wadah untuk menyimpan alat tulis atau perlengkapan kerja. Upayakan pojok kerja selalu mendapatkan cahaya alami yang cukup. Jika tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan lampu yang memberikan cahaya yang cukup tanpa menyilaukan mata. Penggunaan downlight membuat cahaya lebih merata. Untuk area tertentu, gunakan table lamp atau standing lamp.

Selain pencahayaan yang memadai, pastikan pojok kerja yang akan kita gunakan tercukupi dengan sirkulasi udara yang baik. Buka jendela jika memungkinkan atau gunakan pengatur udara untuk menjaga udara tetap segar.

Bila aktivitas kerja kita menggunakan banyak perlengkapan elektronik, sediakan sarana elektrikal yang memadai dan dekat dari jangkauan kerja. Terakhir jangan lupa untuk personalisasi pojok kerja dengan dekorasi atau barang-barang pribadi yang membuat kita merasa nyaman dan bersemangat untuk bekerja. Bisa juga dengan menaruh tanaman yang akan memberikan sentuhan alami yang menyegarkan udara sekitarnya.

Dengan sedikit sentuhan penataan di atas, kita bisa 'menyulap' pojok ruang yang selama ini tidak digunakan menjadi area kerja lebih bermanfaat dan menyenangkan. 

Selamat Menata!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline