Lihat ke Halaman Asli

Ninin Rahayu Sari

https://nininmenulis.com

Malas Membersihkan Rumah Setelah Lebaran? Ikuti Langkah-langkah Ini

Diperbarui: 27 April 2024   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dok. Pribadi

Lebaran telah usai dan mungkin saja rumah kalian menjadi pusat perayaan dan berkegiatan bersama keluarga besar atau rekan bisnis. Namun setelah perayaan usai, semua tamu kembali pulang, dan berbagai hidangan lezat lebaran habis, tinggalah bagaimana kembali ke rutinitas dan membersihkan rumah dari jejak-jejak kegiatan lebaran. Seringkali kita menunda-nunda, mengingat setelah liburan usai, kita pun kembali beraktivitas, dan agenda membersihkan rumah sering terbengkalai.

Entah mengapa kegiatan membersihkan rumah terasa sangat manantang. Untuk itulah diperlukan perencanaan dan langkah-langkah yang mudah serta efektif dalam mengerjaannya. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Jadwalkan dan rencanakan secara sistematis
Sebelum memulai proses pembersihan, luangkan waktu sejenak untuk merencanakan strategi pembersihan. Mulai dari mengidentifikasi area mana yang membutuhkan perhatian khusus dan buat daftar pekerjaan yang perlu diselesaikan. Dengan memiliki rencana yang terorganisir, kita pun dapat menghemat waktu dan energi dalam proses pembersihan.

Mulai dari membersihkan debu dan kotoran
Langkah pertama proses pembersihan yang dapat kita kerjakan, yaitu membersihkan debu dan kotoran dengan cara menyapu atau menyaring lantai, terutama di area yang sering dilalui oleh tamu. Pastikan untuk membersihkan sudut-sudut ruangan dan di bawah perabotan untuk menghilangkan debu yang tersembunyi.

Bersihkan peralatan dapur yang kotor dan berantakan
Setelah sejumlah persiapan makanan dan hidangan lebaran, peralatan dapur dan makan mungkin menjadi kotor juga berantakan. Mulailah dengan membersihkan dapur dari sisa-sisa makanan dan kotoran. Cuci piring, panci, dan perlengkapan dapur lainnya dengan sabun dan air hangat, lalu keringkan dengan bersih sebelum menyimpannya kembali.

Cuci pakaian dan linen
Selama periode lebaran, pakaian juga linen seperti seprai, handuk, tirai, dan lain sebagainya mungkin telah digunakan secara intensif. Pastikan untuk mencuci semua pakaiandan linen yang telah digunakan agar kembali segar dan bersih. Jika memungkinkan, gunakan pewangi atau pelembut pakaian untuk memberikan aroma yang menyegarkan.

Foto: Dok. Pribadi

Tata ulang dekorasi dan perabotan
Setelah membersihkan rumah, pertimbangkan untuk mengatur ulang dekorasi dan perabotan sesuai dengan preferensi yang kita inginkan. Hal ini dapat memberikan tampilan baru dan menyegarkan suasana rumah setelah Lebaran. Kita juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyimpan atau menyumbangkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan.

Pertahankan kebersihan dengan menjadikannya rutinitas
Setelah membersihkan rumah pasca lebaran, di tengah-tengah kesibukan kita, sebaiknya tetap mempertahankan kebersihan dengan menetapkan rutinitas pembersihan secara teratur. Tetapkan jadwal untuk menyapu, mengepel, dan membersihkan rumah secara teratur agar tetap bersih dan rapi sepanjang waktu.

Libatkan seluruh anggota keluarga
Terakhir, melibatkan anggota keluarga dalam proses pembersihan. Langkah ini dapat membantu membagi beban, membuatnya lebih menyenangkan, dan dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga. Bagilah tugas-tugas pembersihan dengan anggota keluarga sesuai dengan usia dan kemampuannya. Buatlah pengalaman membersihkan rumah menjadi momen untuk berkumpul dan berkolaborasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline