Lihat ke Halaman Asli

Ninin Rahayu Sari

https://nininmenulis.com

Lamudi dan Bank Mandiri Sosialisasikan Kemudahan KPR Online

Diperbarui: 10 Maret 2023   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dok. Lamudi

Sebagai salah satu perusahaan teknologi properti atau prop tech terbesar di Indonesia, Lamudi baru saja menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Mandiri untuk memberikan referral sebagai bagian dari fasilitas kredit konsumer dengan jaminan properti. Melalui kerjasama ini Bank Mandiri maupun pihak Lamudi akan bersama-sama memberikan edukasi literasi finansial untuk semua calon pembeli sebelum pengajuan kredit pemilikan rumah atau KPR dilakukan. Dengan cara ini diharapkan pengguna Lamudi dapat dengan mudah melakukan pengajuan KPR melalui Bank Mandiri.

Pengajuan KPR di sini termasuk proses persiapan mulai dari dokumen persyaratan, menghitung cicilan per bulan, pengecekan skor kredit, Memahami syarat dan ketentuan dari Bank Mandiri. Dengan kerjasama seperti ini, para pembeli properti akan diwakili oleh Lamudi sebagai perantara untuk mengajukan KPR secara langsung.

Di kesempatan yang sama Mart Polman, CEO Lamudi mengatakan bahwa kemudahan akses pembiayaan pembelian rumah bagi semua pengguna Lamudi menjadi prioritas utama. Dengan ini pengguna bisa memilih metode pembayaran KPR yang dikehendaki, dan Lamudi memastikan semua penggunanya mendapatkan layanan terbaik.

Kerja sama ini dilakukan Lamudi mengacu pada data periode Juni -- Desember 2022 bahwa tingkat pengajuan KPR yang disetujui berada di atas 52 persen.selain itu tercatat pula bahwa 25 persen minat pembeli berada di kisaran rumah premium di atas 600 juta rupiah, dan sisanya di kisaran harga 1,1 hingga 2 miliar rupiah. Ini menunjukan pengguna Lamudi lebih memilih rumah yang memiliki nilai investasi tinggi. Namun sayangnya masih banyak yang sulit dalam pengajuan KPR. Sulitnya pengajuan KPR bank ini salah satunya disebabkan kondisi suku bunga Bank Indonesia (BI) yang mencapai 5,75 persen.

Melihat hal tersebut, sebagai penyedia layanan dalam pencarian properti, Lamudi memberikan perhatian khusus secara edukatif terutama dalam hal literasi finansial. Literasi finansial ini menjadi penting saat ini mengingat kondisi ekonomi yang semakin menantang. Dalam upaya literasi finansial ini Lamudi akan dibantu lebih dari 30 ribu jaringan agen yang mengedepankan jasa konsultasi kepada calon pembeli.

Dessy Wahyuni, SVP Consumer Loans Group Bank Mandiri mengungkapkan bahwa kerjasama Bank Mandiri dengan Lamudi merupakan upaya strategis perseroan untuk beradaptasi dengan arus digitalisasi terutama dalam menyediakan jasa KPR. Dan untuk merealisasikan keinginan tersebut, Bank Mandiri menawarkan program promo KPR dengan suku bunga kompetitif seperti bunga 3,65 persen fixed 3 tahun, 4,65 persen fixed 5 tahun, dan 5,88 persen dalam tiga tahun pertama periode fixed 10 tahun.

Selain itu, Bank Mandiri juga menawarkan salah satunya KPR Khusus Nasabah Segmen Pegawai, dengan benefit berupa tenor yang lebih panjang, limit lebih besar, dan syarat dokumen yang lebih mudah, serta KPR Hebat dengan skema grace period yang bebas angsuran pokok selama 2 tahun. Jadi semakin terbantu bukan bagi kalian yang berencana membeli properti?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline