Lihat ke Halaman Asli

Ninik Hasanah

Saya adalah Guru di TK Dharma Wanita Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

Jurnal Refleksi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Model 4C

Diperbarui: 6 Juni 2023   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Model 4C

NINIK USWATUN HASANAH, S. Pd

TK Dharma Wanita Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Jurnal Refleksi ini saya menggunakan model 4C yaitu

Connection, challenge, concept, change (4C). Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011).

1. Connection

Banyak hal/peristiwa yang terjadi pada sesi Ruang Kolaborasi modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Sebagai tindak lanjut dari ruang kolaborasi pertama membuat pemetaan aset Daerah, berdasarkan 7 kelompok aset yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Mojokerto meliputi ; 1). Modal Manusia, 2). Modal Sosial, 3). Modal Fisik, 4). Modal Finansial, 5). Modal Alam/Lingkungan, 6 Modal Politik dan 7) Modal Agama/ Budaya. Dalam kelompok kami oleh Fasilitator kami yaitu Bapak Muhammad Khusnul Maa'rif dibagi menjadi 4 kelompok. Saya tergabung di kelompok 1 bersama Ibu Citra Dwi Prasetya wati dan Ibu Siti Maria Ulfa. Pada ruang kolaborasi pertama kami berdiskusi dalam  Google Meet yang disediakan Fasilitator kami melakukan pemetaan aset daerah yang bisa dimanfaat sekolah untuk kepentingan pembelajaran yang berpihak pada murid. Kemudian  kami mempresentasikan hasil diskusi kelompok politik kami berbagi peran untuk mempresentasikan ke 7 aspek yang sudah didiskusikan kemudian menjawab merespon pertanyaan/ masukan dari kelompok lain.

Kaitan antar materi, Jika materi dihubungkan dengan materi dua modul sebelumnya coaching dan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip serta 9 langkah sebagai pemimpin pembelajaran kaitan materi yang didapat sebagai calon guru penggerak sangat berkaitan erat dengan proses coaching, coach memaksimalkan potensi coachee untuk menjelaskan masalahnya dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline