JURNAL REFLEKSI AKSI NYATA- MODUL 1.2 _NINIK HARYATI
Link Youtube Aksi Nyata : https://youtu.be/_oPL8-8nE5o
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya Ninik Haryati, Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari Trenggalek Jawa Timur. Di sini saya akan memaparkan aksi nyata saya tentang Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak.
Penerapan Nilai Guru Penggerak - Berpihak Pada Murid- Aksi Nyata yang saya lakukan adalah menanam bunga bersama anak-anak, menjiplak daun kering, mengolah sampah organik menjadi pupuk, dan membuat berbagai bentuk hewan berbahaya di sekitar dari kertas warna.
Refleksi terhadap aksi nyata yang saya lakukan terhadap Penerapan Nilai Guru yang berpihak pada murid, perasaan saya bahagia termotivasi dan tertarik. Ide atau gagasan yang timbul kedepannya akan membuat kreasi sampah anorganik seperti botol bekas dan plastik. Pembelajaran yang dapat saya ambil, l anak bebas dalam mengeksplorasi diri membuat bentuk hewan menanam dan membuat pupuk dari sampah organik. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah saya merasa menjadi guru yang optimis bergerak untuk melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Penerapan Nilai Guru Penggerak -Mandiri- Yang saya lakukan dengan Mandiri mencari inspirasi untuk memperbaiki pembelajaran saya. Untuk merencanakan dan merancang pembelajaran, saya mencari dari berbagai sumber, salah satunya adalah dengan mencari dari internet.
Refleksi terhadap penerapan guru penggerak pada nilai Mandiri, perasaan saya termotivasi dan terinspirasi. Ide atau gagasan yang timbul, menggunakan smartphone atau laptop untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti webinar. Pembelajaran yang dapat saya ambil, kemandirian dalam meningkatkan kompetensi diri akan berdampak positif pada proses pembelajaran ke murid. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan dari Aksi Nyata saya, saya bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri untuk bergerak memajukan negeri.
Penerapan Nilai Guru Penggerak -Reflektif- Aksi nyata saya adalah menuliskan kelemahan dan kekuatan saya dalam proses pembelajaran, membuat rencana perbaikan, lalu mengejawantahkannya dalam tindakan nyata.
Penerapan nilai reflektif yang telah saya lakukan, perasaan saya optimis yakin dan termotivasi. Ide atau gagasan yang timbul memperbaiki diri dengan sebaik-baiknya dengan selalu melakukan refleksi diri. Pembelajaran yang dapat saya ambil, refleksi menjadikan diri lebih baik, menjadikan pembelajaran lebih berkualitas dan bermakna. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, saya bertekad menjadi guru yang selalu berubah ke arah yang lebih baik.
Penerapan Nilai Guru Penggerak --Kolaboratif- Aksi Nyata yang saya lakukan adalah melakukan komunikasi dengan wali murid dan bersama rekan sejawat melakukan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah kami lakukan.