Koneksi Antar Materi -- Modul 1.2
Nama : Ninik Haryati, S.Pd
Fasilitator : Suyatno,S.Pd,M.Pd
Pengajar Praktik : Dr. Dhina Luvitasari, S.Pd. M.Pd.
Kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Setelah saya menjalani pembelajaran dari modul 1.1 hingga modul 1.2 ini berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya adalah :
- Peristiwa:
Momen yang paling penting atau menantang mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga modul 1.2 adalah ketika saya membaca materi dari filosofi Ki Hajar Dewantara tentang pengajaran dan pendidikan di modul 1.1 bahwa pengajaran merupakan bagian dari pendidikan.Pengajaran dan Pendidikan itu mempersiapkan bekal hidup bagi anak di masa mendatang.
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara harus berpihak pada murid dan menghamba pada murid serta menuntun laku kodrat anak sehingga anak akan mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. dari modul 1.2 momen yang paling penting dan menantang mencerahkan bagi saya adalah nilai-nilai dan peran guru penggerak.
Hal ini sebenarnya sudah saya lakukan namun banyak yang belum saya pahami. Nilai-nilai guru penggerak itu terdiri dari berpihak pada murid, mandiri reflektif, kolaboratif, dan inovatif. Dan peran guru adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid (student agency) dan menggerakkan komunitas praktisi.
Kaitan antara modul 1.1 dan modul 1.2 yang saya pahami adalah ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang guru penggerak maka kita harus siap melakukan perubahan untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid, pembelajaran yang berhamba pada murid dan pembelajaran yang menuntun kodrat anak. Seorang guru penggerak harus memiliki nilai-nilai guru penggerak untuk mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan pemahaman Ki Hajar Dewantara.
Dan sebagai guru penggerak harus memahami peran sebagai guru penggerak agar mampu melakukan perubahan kepada seluruh komunitas sekolah baik kepada murid maupun kepada guru dan kepala sekolah juga kepada praktisi pendidikan lainnya.
- Perasaan: